Jumat, 21 Juli 2017

100 Cara Menaikan Berat Badan Dengan Cepat Pada Anak Bayi Dengan Mudah

Cara Menaikan Berat Badan Dengan Cepat - menjadi orang tua memang menjadi harapan yang besar bagi semua pasangan. Namun menjadi orang tua juga bukan sesuatu yang mudah sebab tanggung jawab menjadi hal yang besar dan harus dilakukan. Ketika anda sudah menjadi orang tua, mungkin kesehatan anak anda menjadi prioritas yang utama, apalagi jika memang anak anda memiliki berat badan yang rendah tentunya anda akan semakin berupaya agar berat badan anak anda menjadi ideal. Jika memang demikian, maka anda harus mencari jalan keluar yang bisa digunakan untuk menaikkan berat badan dengan efektif dan aman. Aman menjadi hal yang harus anda dahulukan, sebab bayi menjadi lebih sensitive terhadap asupan makanan yang anda gunakan.

Mengapa berat badan bayi butuh dinaikkan?

Mungkin bagi pasangan yang baru memiliki anak masih bertanya – tanya mengapa berat badan bayi butuh untuk dinaikkan. Berbicara tentang berat badan bayi yang normal, maka anda harus tahu bahwa berat bayi yang normal akan berkisar sektiar 2500 – 4500 gram, pada hari – hari awal setelah lahir berat badan akan menjadi turun namun jangan khawatir sebab hal tersebut merupakan proses normal dari berat badan yang akan naik kembali setelah 10 – 12 hari.
Berat bayi yang baru lahir akan dipengaruhi oleh genetik, kesehatan ibu selama kehamilan dan nutrisi yang dikonsumsi ibu selama mengandung. Jika memang anda mendapati sang buah hati anda lahir dengan berat badan dibawah normalnya, maka jangan khawatir sebab yang paling penting adalah bagaimana cara ibu untuk mengejar ketertinggalan tersebut dengan baik.
Kemudian pada bulan – bulan awal setelah kelahiran, anda bisa mengetahui status berat badan bayi anda dengan cara membandingkan berat badan saat ini dengan grafik berat badan yang normal, salah satu grafik yang dapat menjadi panduan dalah Kartu Menuju Sehat atau KMS milik bayi anda dan bisa anda dapatkan di puskesmas atau juga posyandu terdekat, dengan adanya grafik di dalam KMS maka akan membantu anda dalam acuan pertumbuhan dan juga perkembangan normalnya bayi.
Pada kartu KMS akan terlihat grafik yang akan dilengkapi dengan daerah berwarna hijau dan kuning atau juga merah. Jika memang grafik bayi anda berada dalam warna hijau berarti berat badan anda menjadi normal, kemudian jika kuning berarti anda menjadi harus waspada, dan merah artinya berat badan anda menjadi sangat berkurang. Tips atau cara untuk menaikkan berat badan bayi sebaiknya diterapkan untuk bayi dengan berat badan di garis kuning dan juga merah.

Cara Menaikan Berat Badan Dengan Cepat Pada Anak Bayi Dengan Mudah

Ketahui penyebab sulitnya berat badan bayi untuk naik

Sebelum anda mencoba untuk menaikkan berat badan anak anda, tentu saja anda harus mencoba untuk mencari tahu apa saja penyebab berat badan anak anda yang tidak bisa naik. Pada dasarnya kenaikan berat badan bayi bisa dikontrol dengan baik setelah lahir. Seuah grafik bisa dibuat untuk mengetahui kenaikan berat badan dari waktu ke waktu. Namun, terkadang berat badan bayi akan sangat sulit untuk naik dan menjadi mengkhawatirkan orang tua. Berikut ini beberapa penyebab dari berat badan bayi yang tidak kunjung naik, seperti berikut ini;
  • Bisa jadi dikarenakan ibu yang tidak memberikan ASI dengan baik kepada bayi, penyebabnya mungkin anda merasa ASI tidak lancar keluar, atau mungkin karena ASI yang teralalu sedikit dan bisa juga alasan bahwa anda sibuk bekerja. Jika anda segera menggantinya dengan menggunakan susu formula sesuai dengan kebutuhan dari bayi anda, maka bisa saja bayi anda kekurangan nutrisi sebab tidak mengkonsumsi ASI ibu.
  • Bisa jad karena anda menyusui dan memberikan ASI dengan waktu yang teratur tetapi anda tidak memberikannya dengan benar, sehingga akan menyebabkan bayi mengeluarkan ASI lagi dari mulutnya. Hal tersebut bisa membuat bayi tidak dapat menyerap ASI dengan sangat baik dan akan memberikan masalah untuk pencernaan bayi sebab terlalu banyak menyerap udara ketika menghisap ASI.
  • Bisa karena bayi anda kekurangan kalori untuk pertumbuhannya. Hal ini disebabkan tidak menerima ASI atau susu formula yang cukup. Kondisi ini yang paling sering ditemukan dan membuat bayi menjadi tidak berkembang dengan baik dan malah akan terlihat seperti bayi yang kekurangan gizinya.
  • Bisa karena kondisi bayi anda yang mengalami beberapa masalah pencernaan sehingga tidak bisa menerima dan juga mencerna ASI dengan sangat baik atau juga menggunakan susu formula. Kondisi ini akan memberikan masalah pencernaan pada bayi, sehingga harus ditangani untuk membantu bayi anda menyerap nutrisi dengan sangat baik.
  • Bisa karena bayi anda mengalami alergi pada ASI atau juga alergi terhadap susu sapi yang ada dalam susu formula sehingga akan kekurangan nutrisi pokok dan perawatan dari alergi. Untuk bayi yang baru lahir, anda bisa melibatkan bantuan dari dokter dan juga bidan untuk merawat bayi yang alergi pada ASI atau susu formula.
  • Bayi yang sulit naik berat badannya juga bisa dikarenakan ibu yang menyusui dengan pola yang tidak benar, misalnya saja terlalu jarang menyusui dan membiarkan bayi anda merasakan lapar dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan ibu biasanya mengalami masalah setelah melahirkan seperti stress dan tekanan akibat dari berbagai masalah.
  • Bayi terkena penyakit kuning setelah lahir juga bisa menjadi penyebab mengapa bayi anda susah mendapatkan berat badan yang semakin tinggi. Jika bayi terserang penyakit kuning maka akan membuat bayi mengantuk sehingga tidak mendapatkan ASI yang cukup.
  • Bisa dikarenakan ASI yang dihasilkan oleh ibu menjadi tidak berkualitas atau juga jumlahnya menjadi sangat rendah. Hal ini akan membuat bayi menjadi seperti menerima ASI dengan sangat cukup padahal tidak sama sekali. Bayi sering sekali ditandai dengan kondisi yang rewel, dan menangis terus menerus.
  • Bayi mengalami kondisi medis yang berhubungan dengan kondisi sejak dari bayi lahir atau sejak bayi di dalam kandungan. Berat badan yang rendah ketika dilahirkan bisa menyebabkan masalah kenaikan pada berat badan bayi setelahnya.
  • Bisa dikarenakan bayi mungkin menderita sebuah penyakit yang tertentu, misalnya saja jika bayi menderita gangguan penyerapan nutrisi yang membuat tubuh bayi tidak bisa mengolah kalori dengan sangat baik. Kondisi ini bisa menyebabkan bayi menjadi sulit untuk memiliki kenaikan berat badan.
  • Bisa dikarenakan bayi anda menderita sebuah infeksi, misalnya saja seperti infeksi teliga, kemudian anemia, infeksi saluran kemih, dan juga gangguan lidah bayi dan berbagai masalah lain. Perawatan yang bersifat darurat sangat diperluka pada bayi yang mengalami masalah ini.
  • Bisa juga dikarenakan bayi anda mengalami masalah kesehatan sejak lahir dan berkaitan dengan kondisi mulut seperti cacat pada langit – langit mulut, bibir sumbing, dan juga kelainan dari bentuk lidah.

Cara menaikkan berat badan bayi secara alami

cara ampuh menambah berat badan pada anak bayi usia mulai dari usia 0 tahun yang bisa bunda gunakan.
  1. Seringlah tidur di dekat bayi

    Ketika bayi anda ingin dinaikkan lagi berat badannya, maka anda harus menggunakan beberapa cara yang salah satunya harus dengan cara stand by di samping bayi. Tidur di dekat bayi atau menemani bayi sesering mungkin memang bisa menjadi cara yang tidak langsung untuk meningkatkan berat badan bayi. Bayi anda sudah terbiasa dengan kondisi rahim yang sangat nyaman dan hangat. Untuk itu, ketika bayi baru lahir maka kemungkinan ada rasa khawatir pada perasaan bayi meskipun mereka tidak akan mengerti tentang hal tersebut.
    Untuk mencegah bayi mengalami tekanan dan juga kondisi yang tidak nyaman ini, ibu sebaiknya menemani bayi ketika tidur. Tidak hanya baik untuk membuat bayi merasa tenang dan memiliki berat badan yang cukup, tetapi dengan pola tidur bayi selama sebulan penuh dimana ibu bisa dekat dengan bayi maka proses menyusui akan lebih baik dan sempurna. Tidur di dekat bayi akan meningkatkan prolaktin yang dapat membuat ASI menjadi lebih banyak keluar dan bayi lebih puas lagi. Usahakan untuk tidur dengan nyaman sesuai dengan tidur bayi yang baik dan benar, agar membuat bayi puas juga dalam beristirahat.
  2. Jangan memberikan makanan yang padat

    Jika anda ingin menaikkan berat badan bayi anda dengan cara menaikan berat badan alami untuk bayi anda, maka anda bisa memperhatikan asupan yang diberikan pada bayi anda. Jangan memberikan makanan yang padat pada bayi anda. Makanan yang padat akan sangat berbahaya untuk bayi yang baru lahir dan belum mencapai usia 6 bulan. Setelah usia 6 bulan maka bayi baru bisa menerima makanan yang pada seperti makanan pendamping ASI. Makanan padat yang mengandung jumlah kalori dan nutrisi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ASI dan juga susu formla menjadi makanan pendamping yang baik. Tidak hanya itu, makanan padat juga bisa menyebabkan masalah pada pencernaan untuk bayi, misalnya saja bayi menjadi terserang kembung. Tidak hanya itu, jangan pernah memberikan air putih juga untuk bayi sebab bisa memberikan efek yang kurang bayi di bawah usia 0 – 6 bulan.
  3. Menggendong bayi lebih sering dari biasanya

    cara menaikan berat badan secara alami Selanjutnya, anda bisa menggendong bayi lebih sering jika digunakan untuk membantu menaikkan berat badan pada bayi. Hal yang paling dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir adalah mendapatkan rasa yang nyaman. Salah satu manfaat dari menggendong bayi yang baru lahir adalah memberikan rasa nyaman dan sangat baik jika digunakan untuk membantu meningkatkan berat badan bayi. Kontak kulit dari ibu ke bayi juga akan mempengaruhi produksi ASI untuk menjadi lebih baik lagi. Selain dnegan menggendong bayi, juga bisa dengan mengurangi bayi yang terlalu sering menangis terus menerus sehingga bayi anda menjadi lebih nyaman dan sehat. Namun, anda juga harus memperhatikan jika bayi sudah mulai tidak nyaman dengan gendongan, maka biarkan bayi berada di alam tempat tidurnya.
  4. Berikan terapi pijat pada bayi

    cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat pada bayi tidak hanya memperhatikan asupan ASI atau juga makanan pada bayi, tetapi ternyata memberikan terapi pijatan pada bayi anda juga bisa mempengaruhi dengan baik. Pijat bayi anda, mungkin hal tersebut dapat digunakan untuk membantu menaikkan berat badan bayi. Rangsangan pada bagian tubuh bayi bsia digunakan untuk membuat tubuh bayi menjadi nyaman lagi. Bayi anda bisa menyerap ASI atau juga susu formula dengan sangat baik ketika tubuhnya merasa nyaman. Tidak hanya itu, pijatan juga bisa membantu pencernaan dan juga sirkulasi darah menjadi lebih baik lagi. Hal ini akan membuat bayi anda dapat meningkatkan berat badannya menjadi lebih berat. Anda juga bisa mempelajari cara yang bisa dilakukan untuk pijat bayi yang benar, atau menggunakan jasa spa bayi sebab cara tersebut sangat manjur juga digunakan untuk melakukan terapi pijat.
  5. Seringlah memberikan ASI

    Untuk ibu – ibu yang memang ingin anaknya menjadi cepat tumbuh ada baiknya sering – seringlah memberikan ASI pada anak anda. Pola bayi untuk mengkonsumsi ASI dari lahir sampai usia dua tahun sebenarnya berjalan sangat alami sesuai dengan perkembangan tubuh bayi. Anda bisa mencoba untuk menyusui bayi sesuai dengan kebutuhan bayi. Cara ini juga bisa dilakukan untuk ibu yang memberikan susu formula pada bayi. Cara ini bisa menjadi cara menaikan berat badan pada bayi yang sangat manjur. Cara untuk menyusui bayi tidak hanya dilakukan ketika siang hari, tetapi juga pada saat malam hari. Anda bisa mencoba untuk memberikan ASI pada malam hari dan hal tersebut akan sangat membantu untuk meningkatkan berat badan bayi. Sebaiknya hindari rasa malas untuk memberikan ASI atau memberikan susu formula sebab hal tersebut sangat dibutuhkan oleh bayi. Itulah cara agar berat badan bayi cepat naik dengan asi.
  6. Menyusui dengan menggunakan cara yang benar

    ObarMenaikan Berat Badan Selanjutnya anda juga harus memperhatikan bagaiamana menyusui dengan cara yang benar. Cara yang benar bisa membantu bayi untuk mendapatkan kenaikan berat badan setelah dilahirkan. Cara yang benar untuk memberikan ASI yaiut dari satu sisi payudara sehingga bayi akan merasakan puas dan kenyang. Jangan memaksakan bayi untuk melepaskan sisi payudara ketika bayi sedang menyerap ASI. Setelah itu, tewarkan sisipayuradar yagn lainnya ketika bayi merasa sudah tidak nyaman menggunakan satu sisi. Jika memang bayi menolak maka anda bisa melanjutkan sesi selanjutnya. Selain itu, cobalah menggunakan posisi memberikan ASI sesuai dengan usia bayi.
  7. Memompa ASI

    Jika anda ingin berat badan bayi naik dengan cepat, maka anda bisa mencoba untuk memberikan ASI eksklusif. Beberapa ibu yang sibuk dengan pekerjaannya biasanya sulit untuk memberikan ASI eksklusif. Namun sebenarnya, ibu bisa memberikan ASI sekalipun bekerja dengan cara memompa ASI. Cara untuk memompa ASI dengan menggunakan tangan bisa membuat ASI jadi lebih banyak lagi dan bayi akan menjadi lebih puas. Cara ini juga bisa membantu payudara menghasilkan ASI dan juga membantu mencegah infeksi datang menyerang ibu. Ketika ASI sedang kosong maka kelenjar susu akan bekerja lebih baik lagi untuk menghasilkan ASI bagi bayi.
  8. Lakukan pijatan payudara ketika sedang menyusui bayi

    Ketika anda sedang memberikan ASI eksklusif untuk bayi, maka cobalah untuk membiasakan memijat payudara satu sisi saja. Cara ini memang sangat membantu untuk memproduksi ASI agar tetap terjaga sehingga bayi akan memiliki cadangan ASI yang terus mengalir. ASI yang sudah dihasilkan bisa diberikan kepada bayi sesuai dengan kebutuhan bayi. Hal ini juga akan membantu memberikan ASI yang banyak dan bayi bisa menambah berat badannya.
  9. Pemberian MPASI terjadwal

    Selanjutnya, jika bayi anda memang sudah memasuki usia makan atau sudah menggunakan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Cara menaikan berat badan pada anak dengan memberikan MPASI dan diberikan kepada bayi di atas 6 bulan. Pada usia ini ASI saja bukan makanan yang cukup. Bayi anda memang sudah tumbuh dan berkembang lebih maju dan hal itu membutuhkan asupan yang harus mengimbangi bayi. Untuk dapat menaikkan berat badan bayi dengan alami maka berilah MPASI yang bergizi tinggi dengan menggunakan jenis olahan yang sesuai dengan usia bayi anda. Di mulai dari bubur saring, kemudian bubur biasa, nasi tim, dan juga nasi biasa pada usia satu tahun ke atas.
    Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan beberapa bahan makanan yang lainnya seperti; ikan, telur, daging, tahu, tempe, wortel, dan jgua bayam sebagai salah satu bahan makanan yang bisa dipadukan dan diolah menjadi MPASI bayi anda. Bukan hanya itu, anda juga bsa menambahkan mnyak sayur atau bahkan keju ke dalam MPASI. Hal ini akan membuat bayi merasa senang untuk makan dan makanan yang dimakan mengandung kalori dan juga varian rasanya.
    Tetapi tidak hanya butuh memperhatikan apa saja bahan yang digunakan untuk menjadi MPASI, tetapi anda juga harus menjadwalkan sesuai dengan usia bayi anda. MPASI umumnya dijadwalkan sebanyak 2 – 3 kali dalam satu hari dengan porsi yang disesuaika dengan usia bayi anda. Untuk bayi yang baru belajar makan, bisa mulai menggunakan MPASI sebanyak satu kali dalam sehari, kemudian bertahap hingga dapat memenuhi jadwal makanan standar sebanyak 3 kali dalam satu hari. Sedangkan untuk bayi yang lebih besar, maka ibu bisa memberikan cemilan sehat di sela – sela jadwal makan, yaitu dua kali sehari pada waktu menjeleng siang dan sore hari.
    Jika anda ingin meningkatkan berat badan bayi lebih besar lagi, maka ketika usia 11 – 12 bulan anda bisa mencoba untuk memberikan makan 2 – 3 kali dalam satu hari dengan menggunakan porsi kira – kira setengah gelas atau sektiar 100 – 125 cc. Untuk meningkatkan kandungan gizi dan juga kalorinya maka anda juga bisa menambahkan sedikt minyak sayur, atau keju. Upayakan agar menghidangkan makanan yang menarik dan bervariasi untuk menambah selera pada makanan bayi. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Merk Susu Penambah Berat Badan Anak Bayi dan Harganya Sampai Gemuk.
  10. Perhatikan jenis makanan penambah berat badan bayi

    Tidak hanya asal agar berat badan bayi anda menjadi naik, namun anda juga harus memperhatikan kandungan gizi setiap makanan yang hendak diberikan kepada bayi. Hal ini menjadi suatu hal yang mutlak untuk diperhatikan. Jika anda ingin menaikkan berat badan bayi, maka anda bisa membuat menu MPASI secara bervariasi, namun tetap memperhatikan komposisi makanan yang mengandung karbohidrat dan juga lauk yang mengandung protein serta sayuran yang kaya akan serat dan juga vitamin. Perbandingan yang direkomendasikan antara karbohidrat dengan protein dan sayur adalah 50:50. Misalnya saja ketika nasi tim sebanyak 4 sendok makanan, maka tambahkan dengan 2 sendok makanan lauk dan juga 2 sendok makan sayuran.
Cara menaikan berat badan dalam waktu singkat ini bisa anda rundingkan dengan dokter atau juga bisa dengan bidan. Hal ini sangat membantu dan perhatikan juga berat badan anak setiap satu bulan sekali.
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh Nama Obat seputar cara menaikka berat badan anak anda. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.