Minggu, 23 Juli 2017

5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Berdasarkan Tinggi Badan dan Umur

Cara menghitung berat badan ideal online- Apa anda tahu apa yang dimaksud dengan berat badan ideal? Jadi, berat badan ideal adalah bobot atau berat badan yang optimal dari tubuh anda yang dapat anda gunakan untuk mengukur kebugaran dan kesehatan tubuh anda sendiri.

Tentu akan buruk bagi anda bila anda memiliki berat badan yang tidak ideal seperti kelebihan berat badan atau bahkan juga memiliki kekurangan berat badan. Namun, bagaimana dengan anda yang tidak mengetahui bahwa anda sedang mengalami kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan karena anda tidak tahu berapa bedat badan ideal anda? Tentu saja anda tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengetahui berapa berat badan ideal anda.

Penyebab berat badan tidak ideal

Ada beberapa hal yang menyebabkan badan anda susah gemuk ataupun susah kurus alias kurang ideal. Hal yang menyebabkan berat badan anda tidak ideal karena susah gemuk atau terlalu kurus adalah :
  • Terlalu stres
    Ketika orang mengalami stres yang berlebihan, biasanya orang tersebut akan mengalami masalah berupa kehilangan nafsu makann sehinggaorang tersebut pasti akan memiliki badan yang terlihat jauh lebih kurus dari pada sebelumnya.
    Stres yang terus menerus dapat membuat anda susah gemuk, selain itu terus menerus mengalami stres juga dapat membuat anda mengalami beberapa penyakit seperti darah tinggi, dan lain-lain.
  • Gemar mengonsumsi minuman beralkohol
    Kemajuan teknologi membuat banyak budaya asing masuk ke dalam budaya kita. Salah satu budaya asing yang masuk ke Indonesia dan digemari oleh orang-orang adalah minuman beralkohol.
    Coba anda amatilah teman atau orang yang ada disekeliling anda dan memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara terus menerus. Kebanyakan dari mereka orang yang anda amati pasti memiliki berat badan yang rendah dan juga terlihat kurus.
  • Defisiensi mineral
    Defisiensi mineral adalah kekurangan air mineral. Nah, defisiensi meneral tersebut adalah yang dapat menjadi salah satu penyebab badan anda terlalu kurus. Jadi bila anda memiliki badan yang susah sekali gemuk, cobalah untuk mengonsumsi air putih minimal 10 liter per hari atau bisa juga anda sesuaikan dengan aktivitas.
  • Terlalu sering begadang
    Orang yang gemar sekali begadang dan mengalami kurang tidur pasti memiliki badan yang kurus. Jadi bila anda ingin badan yang lebih berisi, tolong kurangilah aktivitas begadang anda atau bahkan kalau anda mampu jauhkan kegiatan begadang dari hidup anda.
  • Kekurangan nutrisi
    Memiliki kandungan nutrisi yang kurang dalam tubuh dapat menyebabkan anda mendapatkan badan yang tidak ideal dalam arti kata lain dapat disebut juga terlalu kurus bila anda memang susah memiliki badan berisi.
  • Faktor genetika atau keturunan
    Bila orang tua maupun keluarga anda memiliki badan yang terlalu berisi, maka anda juga akan memiliki berat badan yang berlebihan pula. Begitu pula sebaliknya bila orang tua maupun sanak saudara anda memiliki berat badan yang kurang atau badan mereka kurus sekali, pastilah badan anda juga kurus dan susah sekali untuk membuatnya berisi. Namun, hal tersebut dapat anda atasi dengan cara diet dan olahraga teratur serta mengonsumsi nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh anda. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan Tinggi Badan dan Umur

Cara Menghitung Berat Badan Ideal untuk Pria dan Wanita

Anda ingin mengetahui apakah anda terlalu gemuk ataukah anda terlalu kurus? Anda ingin mengetahui berapa berat badan ideal anda? Anda tak perlu resah bila ingin mengetahui hal-hal tersebut, karena ada cara yang mudah untuk mengetahui berat badan ideal anda.
Ya, memang ada beberapa cara menghitung berat badan ideal yang dapat anda coba dan lakukan untuk mengetahui berapa berat badan yang ideal bagi tubuh anda , untuk mengetahuninya ini kalkulator berat badan ideal.
  1. Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan Umur

    Anda dapat melakukan cara menghitung berat badan ideal berdasarkan umur dengan tabel berat badan ideal ini :


    Nah, bagaimana dengan rumus yang sudah disebutan di atas? Mudah, bukan? Anda bisa langsung mencoba rumus tersebut setelah anda membacanya.
  2. Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan Tinggi Badan

    Selain berdasarkan umur, cara menghitung berat badan ideal selanjutnya yang dapat sekali anda lakukan adalah dengan berat badan ideal wanita berdasarkan tinggi badan bahkan pria juga sama menggunakan rumus yang mengacu pada tinggi badan anda. Nah, bagaimana penerapan rumus tersebut? Anda dapat menyimak rumusnya yang ada di bawah ini :
    Berat Badan Ideal=22 x TB x TB
    Tinggi badan dalam rumus tersebut adalah tinggi badan anda dalam satuan m. Jadi, bila misalnya anda memiliki tinggi badan 165, maka berat badan ideal anda adalah :
    Berat Badan Ideal=22 x 1,65 x 1,65=59,90 kg
    Mudah sekali kan rumus yang satu ini? Cobalah untuk menghitung berat badan ideal anda berdasarkan rumus tersebut di atas!
  3. Rumus BMI

    Cara menghitung berat badan ideal yang pertama adalah dengan menggunakan sebuah rumus yang bernama rumus BMI. BMI sendiri adalah kependekan dari Body Mass Index yang sering pula disebut dengan IMT (Indeks Massa Tubuh) dalam bahasa Indonesianya.
    Rumus BMI atau IMT ini sudah distandarkan oleh WHO (World Health Organization) dan seringkali pula digunakan oleh masyarakan Indonesia sebagai cara menghitung berat badan ideal.
    Parameter yang digunakan dalam menghitung berat badan ideal melalui rumus BMI ini adalah tinggi dan berat badan anda. Mudah kan parameternya? Jadi, bagaimana cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus BMI ini?


    Bagaimana? Mudahkan cara menghitung berat badan tanpa timbangan dengan menggunakan rumus BMI atau IMT ini? Apakah anda masih susah memahami? Bila anda masih susa mengerti rumus tersebut, perhatikanlah contoh di bawah ini!
    Contohnya, terdapat seorang wanita yang meiliki tinggi badan 165 cm dan berat badan 61 kg. Jadi, berat badan idealnya menurut BMI adalah
    BMI=BB/(TB×TB)=(61 kg)/(1,65 m×1,65 m)=22,4 kg/m₂
    Setelah bertemu dengan nilai BMI nya yang baru saja anda hitung dan temukan, anda dapat melihat nilai BMI anda pada tabel Standar BMI versi WHO yang ada di bawah ini :

    Setelah melihat tabel di atas, anda dapat mengetahui bahwa wanita tadi yang memiliki BMI 22,4 termasuk dalam kategori normal weight atau berat badan normal. Cukup mudah kan proses pencarian berat badal ideal wanita tersebut? Nah, bagaimana dengan berat badan anda? Sudahkah ideal?
    Namun, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda mengukur berat badan ideal anda dengan menggunakam rumus BMI atau IMT ini, yaitu adalah :
    • Rumus BMI atau IMT ini tidak dapat digunakan pada anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.
    • Rumus BMI atau IMT ini tidak dapat digunakan pada ibu yang sedang hamil atau menyusui.
    • Rumus BMI atau IMT ini tidak dapat digunakan pada seorang atlet yang memiliki bentuk tubuh berotot.
    • Rumus BMI atau IMT ini dapat anda gunakan sebagai acuan bahwa seseorang itu memiliki suatu resiko penyakit atau tidak melalui berat badan tubuhnya.
  4. Menghitung berat badan dengan Rumus Broca atau Devine

    Banyak yang menyebutkan bahwa penghitungan berat badan melalui rumus Broca atau Devine ini terbilang tidak efektif. Namun, anda tetap dapat mencobanya untuk mencari tahu berapa berat badan ideal anak.
    Nah, pada laman Depkes RI, disebutkan bahwa cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus Broca atau yang juga disebut rumus Devine adalah sebagai berikut :
    Berat badan ideal=90 %×(tinggi badan-100)×1 kg
    Namun, bila terdapat seorang wanita yang memiliki tinggi badan kurang dari 150 cm dan seorang pria yang memiliki tinggi badan kurang dari 160 cm, maka digunakan pula rumus Broca yang sedikit berbeda, yaitu :
    Berat badan ideal=(tinggi badan-100)×1 kg
  5. Cara Menjumlahkan Berat Badan Ideal pakai Rumus Key

    Setelah anda mengetahui cara menghitung berat badan ideal melalui rumus BMI, rumus Broca atau Devine, rumus berdasarkan umur, dan rumus berdasarkan tinggi badan, maka salah satu cara mengetahui berat baan ideal anda melalui penghitungan rumus adalah dengan menghitung berat badan anda dengan melalui rumus Key.
    Rumus Key memiliki cara kerja dengan mengalikan faktor pengali yang telah ditentukan sebelumnya, sampai sini apakah anda paham? Nah, untuk lebih jelasnya perhatikan rumus Key di bawah ini :
    Berat Badan Ideal = Tinggi badan2 (meter) x 22
    Namun, untuk menghitungnya secara rinci, anda dapat membedakan faktor pengalinya, yaitu 22,4 untuk seorang laki-laki dan faktor pengali 22,9 untuk wanita.

Contoh :

Ada seorang pria yang memiliki tinggi badan 189 cm (1,89 m), maka berapakah berat badan idealnya? Maka, anda dapat menghitungnya dengan cara 1,892 x 22,4 = 80,015. Jadi, dari perhitungan barusan dapat anda simpulkan bahwa berat badan ideal seorang pria yang memiliki tinggi 189 m adalah 80 kg. Mudah, kan?

Pentingnya Memiliki Berat Badan Ideal

Sebagian orang menghitung berapa berat badan idealnya hanya untuk terlihat langsing atau berisi sehingga dapat memperindah penampilan mereka. Namun, tahukah anda bahwa memiliki berat badan ideal sebenarnya bukan hanya tentang penampilan saja melainkan juga tentang kesehatan anda.
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa berat badan berkaitan dengan penyakit-penyakit tertentu. Tentu anda tak ingin bukan memiliki resiko-resiko penyakit yang berbahaya nan mematikan? Anda tak percaya?
Kalau begitu anda dapat membaca manfaat berat badan ideal terhadap beberapa resiko penyakit yang ada di bawah ini :
  • Mengurangi Resiko Diabetes
    Memiliki berat badan yang berlebih dapat meningkatkan resiko anda untuk terkena penyakit diabetes. Data yang diambil dari Diabetes Prevention Program yang dipimpin oleh CDC menyebutkan bahwa bila anda menurunkan berat badan sekitar 14 pon atau sekita 7 kg dapat membantu anda untuk menurunkan resiko pengembangan diabetes tipe 2 sebesr kurang lebih 58 %.
  • Mengurangi Rasa Sakit Penyakit Rematik
    Dalam sebuah studi di University of Paris pada tahun 2010 yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Rheumatic Disease menyatakan bahwa apabila anda menurunkan berat badan, maka dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit rematik. Hal tersebut terjadi karena lemak sebenarnya merupakan jaringan aktif yang dapat menciptakan dan melepaskan bahan kimia pro-inflamasi.
  • Terhindar dari Penyakit Jantung
    Salah satu pentingnya berat badan ideal adalah untuk menghindarkan anda dari bahaya dan resiko penyakit jantung. Beberapa penelitian telah mengatakan bahwa obesitas akan menempatkan seseorang pada resiko tinggi mengalami penyakit jantung.
    Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa bila anda menurunkan berat badan sekitar 5 hingga 10 pon (2,5 kg hingga 5 kg) maka anda juga akan dapat mengurangi tekanan darah dan juga mengurangi dari resiko penyakit jantung.
  • Mengurangi Tekanan Pada Sendi
    Sebuah studi di Arthitis & Rheumatism menyatakan bahwa orang dewasa yang memiliki kelebihan berat badan alias obesitas akan lebih memungkinkan untuk terkena osteoarthritis lutut. Namun, setelah orang dewasa tersebut kehilangan berat badannya sekitar 10 pon (5 kg), terjadi pengurangan tekanan pada lutut mereka sehingga akan meringankan osteoarthritis yang mereka derita.
  • Mempermudah Pernapasan
    Seorang profesor psikiatri dan perilaku manusia di Brown University Alpert Medical School yang juga direktur The Weight Control and Diabetes Research Center di Rumah Sakit Miriam yang bernama Rena Wing, PhD menyatakan bahwa bila seseorang memiliki sekitar 10 % berat badan berlebih dari bobotnya, maka hal tersebut akan mengarah pada sleep apnea atau jeda nadaf saat tidur yang terjadi saat saluran nafas tertutup sehingga dapat membuat udara terhalang mencapai paru-paru. Hal tersebut tentu berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian.
    Selain itu sebuah studi dan lapoan lain dari American Heart Association juga menyebutkan bahwa mengurangi kelebihan berat badan atau obesitas merupakan cara utama untuk mencegah sleep apnea.

Cara alami memiliki berat badan ideal

ini adalah tips untuk menjaga berat badan tetap ideal selama hidup.
  1. Rutin Berolahraga
    Olahraga teratur tentu perlu bagi setiap individu agar kesehatan dan kebugaran mereka dapat terjaga dengan baik. Entah orang tersebut memiliki badan yang kurus, gemuk, maupun ideal, mereka tetap harus melakukan olahraga yang rutin agar dapat menjaga kesehatan mereka sehingga bisa terhindar dari segala macam penyakit dan mengurangi resiko penyakit yang berbahaya.
    Selain menjaga kesehatan, olahraga yang teratur juga dapat membuat berat badan anda menjadi ideal. Tidak usah melakukan olahraga yang sulit bila anda sibuk dan tak memiliki banyak waktu. Anda dapat bersepeda ketika berangkat ke sekolah maupun berangkat ke kantor, melakukan lari pagi sehabis subuh sebelum melakukan aktivitas harian, pergi ke gym bersama teman sekantor, atau anda juga bahkan dapat melakukan olahraga renang di akhir pekan.
  2. Wajib Sarapan Pagi
    Sesibuk-sibuknya anda dan setelat-telatnya anda, tolong jangan melupakan makanan pagi alias sarapan anda karena sarapan pagi adalah wajib hukumya bagi anda bila ingin memiliki berat badan yang ideal. Mengapa?
    Karena bila anda melupakan sarapan pagi, maka anda akan merasa lapar pada siang harinya dan anda akan lepas kontrol sehingga mengonsumsi makanan dalam porsi yang sangat besar. Hal tersebut dapat membuat tubuh anda tambah melar dan tidak ideal lagi, bukan? Selain itu, memakan sarapan di pagi hari akan membuat anda mendapatkan energi yang cukup dari pagi hingga sore harinya.
  3. Konsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari
    Buah dan sayur terkenal dengan kandungan berbagai vitamin, serat, dan mineral yang dapat menyehatkan tubuh anda. Agar memiliki berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan pada saat setengah jam sebelum makan dan memasak sayuran tidak terlalu lama agar nutrisi di dalamnya tidak menguap dan hilang begitu saja.
  4. Jangan Makan Sesuai Kebutuhan Perut tapi Makan Sesuai Kebutuhan Tubuh
    Ya, jangan makan sesuai kebutuhan perut anda tetapi makanlah sesuai kebutuhan tubuh anda. Jika anda menuruti apa yang dikehendaki perut anda, tentu saja anda akan makan ketika merasa lapar. Bagaimana bila anda mudah lapar? Bagaimana bila dalam sehari anda mengalami lapar hingga 7 kali? Akankah anda juga akan makan 7 kali dalam sehari? Tidak bukan?.
  5. Jangan Terus-terusan Menatap Layar Elektronik
    Ketika teknologi semakin berkembang, anda memiliki banyak alasan untuk menatap layar tv, layar monitor, maupun layar gadget anda secara terus menerus. Namun, tahukah anda bila anda menatap layar-layar tersebut secara terus menerus maka hal tersebut tidak akan baik bagi kesehatan anda.
Menatap layar-layar tersebut akan membuat anda bersikap pasif, iya kan? Tidak mungkin buka bila anda akan beraktifitas dengan layar televisi atau layar gadget ke mana-mana. Pasti anda akan duduk diam ataupun diam berbaring ketika menatap layar monitor, layar televisi, maupun layar gadget anda. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Cara Diet Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Bagus Tanpa Efek Samping.

Ketika anda diam sambil menatap layar monitor, layar gadget, maupun layar televisi, maka anda menjadi malas bergerak sehingga anda tidak akan bergerak. Tahukah anda bahwa malas bergerak dan beraktifitas dapat membuat badan anda melar sehingga berat badan anda tidak akan lagi menjadi ideal?

Selain dapat membuat efek jangka panjang yang berupa berat badan anda tidak ideal, menatap layar televisi, layar monitor, maupun layar gadget teru menerus juga akan berbahaya bagi kesehatan mata anda.

Nah, apabila anda memiliki berat badan yang kurang berisi anda dapat melakukan beberapa tips untuk membuat tubuh anda menjadi lebih ideal. Tips-tips tersebut adalah :
  1. Segera selesaikan pekerjaan anda untuk menghindari begadang.
  2. Sebaiknya jangan minum sebelum anda selesai makan.
  3. Banyak-banyak minum air putih.
  4. Ketika makan, kunyalah makanan anda hingga terasa lebih halus.
  5. Meski diet dan menurunkan berat badan, namun karbohidrat itu penting.
  6. Sarapan adalah wajib hukumnya untuk memenuhi kebutuhan energi anda.
  7. Jangan melupakan kebutuhan akan vitamin, mineral, dan serat bagi anda.
Itulah beberapa informasi yang dapat berikan seputar bagaimana cara menghitung berat badan yang ideal dan bagaiaman cara mendapatkan badan yang ideal serta menimbang berat badan online dari kami Nama Obat . Semoga dalam lindungan Allah SWT dan semoga bermanfaat untuk anda.