Jumat, 07 Juli 2017

80 Ramuan Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan Dan Cara Membuatnya di Rumah

Obat asam urat herbal- asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang lebih tua. Penyakit asam urat atau yang memiliki nama gout ini memiliki kondisi yang biasanya dapat menyebabkan gejala nyeri dan tidak bisa ditahan rasanya, tidak hanya itu tetapi juga memberikan rasa panas pada bagian persendian. Semua sendi yang ada di dalam tubuh sebenarnya bisa saja terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, kemudian lutut, pergelangan bagian kaki, dan juga jari. Biasanya laki – laki akan rawan terkena penyakit asam urat jika dibandingkan dengan kaum perempuan. Terutama ketika mereka berada di usia 30 tahun, biasanya penyakit asam urat ini juga beresiko datang setelah menopause.

Penyebab datangnya penyakit asam urat

Penyebab datangnya asam urat sebenarnya karena adanya penumpukan asam di dalam urat sendi. Asam urat merupakan sebuah limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel – sel tubuh. Sebagian besar asam urat dibuang biasanya melalu ginjal dalam bentuk urin dan sebagian kecil lainnya akan dibuang melalui saluran pencernaan dengan bentuk tinja. Jika asam urat yang dibuang di dalam tubuh jumlahnya lebih sedikit dari pada jumlah yang diproduksi maka asam urat akan menumpuk dan memberkan bentuk Kristal – Kristal tajam natrium urat dengan ukuran mikro dan bermuara di dalam sendi atau di sekliling jaringan sendi. Jika Kristal – Kristal tajam terserbut bisa masuk ke ruang persendian maka akan mengganggu lapisan lunak sendi dan terjadilah peradangan dengan rasa yang sangat sakit.
Ada beberapa faktor yang dapat membuat naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya adalah makanan yang memiliki zat purin yang sangat tinggi. Contoh dari makanan yang memiliki zat purin tinggi adalah; jeroan hewan, hidangan laut, dan juga daging merah. Selain makanan ada minuman yang dapat membuat asam urat menjadi naik seperti minuman yang manis dan minuman beralkohol yang berlebih.

Ramuan Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan Dan Cara Membuatnya di Rumah

Gejala datangnya penyakit asam urat

Asam urat datang bukan tanpa gejala, sama seperti penyakit yang lainnya asam urat juga memberikan beberapa gejala. Biasanya gejala yang paling umum adalah sendi yang terasa sangat sakit terutama pada bagian sendi jempol kaki. Penderita biasanya akan merasa kesulitan untuk berjalan karena rasa sakit yang sangat mengganggu. Sekalipun begitu, gejala tersebt dapat muncul kapan saja namun yang paling sering datang ketika malam hari.
Tidak hanya jempol pada bagian kaki saja, tetapi ada beberapa sendi yang jug terasa sakit seperti sendi – sendi yang terletak pada bagian ujung anggota badan dan rentan juga terserang penyakit asam urat. Contohnya adalah sendi pada pergelangan kaki, kemudian telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari – jari pada tangan, dan juga siku.
Rasa sakt biasanya berkembang dengan cepat dalam waktu beberapa jam saja. Nyeri yang dirasakan akan disertai juga dengan pembengkakan, kemudian sensasi panas, dan juga muncul warna kemerahan pada kulit yang dapat melapisi sendi. Serangan pada penyakit asam urat ini biasanya muncul dalam kurun waktu 3 – 10 hari. Dan disaat gejala mereda dan bengkak menjadi mengempis, kulit di sekitar sendi yang kena akan tampak bersisik, kemudian terkelupas, dan terasa sangat gatal. Beberapa kondisi ini tidak dapat diabaikan.

Cara mengobati asam urat dengan bahan alami

Ini beberapa cara mengatasi penyakit asam urat dari bahan herbal alami yang sudah teruji sejak lama hingga saat ini masih digunkan banyak orang.
  1. Menggunakan cuka sari apel
    Menggunakan bahan alami untuk mengobati asam urat akan sangat menguntungkan sebab tidak akan memberikan efek samping yang buruk. Bahan alami yang pertama anda bisa menggunakan cuka sari apel. Memang cuka sari apel terkenal dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, namun cuka sari apel juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat dan rematik. Tingkat keasaaman yang dimiliki oleh cuka sari apel akan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dari asam rematik. Anda juga bisa mamdukannya dengan menggunakan madu, madu bisa digunakan untuk meningkatkan respon anti-inflamasi karena adanya peradangan yang sedang terjadi.|
    Cara membuat cuka sari apel sebagai obat asam urat alami yang efektif. Pertama, anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan teh cuka sari apel dan madu yang alami dua sendok makan. Setelah itu, anda bisa menyeduh teh cuka sari apel dengan air satu gelas, tambahkan juga apel dua sendok makan. Aduk sampai benar – benar rata setelah itu anda bisa meminumnya 2 – 3 kali dalam satu hari. Jika dirasa memang dapat digunakan untuk mengobati asam urat maka anda bisa meningkatkan dosis pada cuka sari apel hingga menjadi dua sendok makan.
  2. Menggunakan baking soda
    Pernah mendengar tentang baking soda? Baking soda biasanya digunakan untuk menjadi bahan tambahan penggunaan kue. Ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat pada tubuh. Asam urat yang tinggi dan mengendap ini akan menyebabkan sendi memiliki peradangan atau gout. Nah, baking soda dapat bekerja untuk membantu menurunkan kadar asam urat dan juga memberikan bantuan untuk dapat mengurangi rasa sakit. Menggunakan baking soda akan membantu anda dengan mudah dan tidak memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan organ tubuh dalam anda yang lainnya. Anda dapat menemukan baking soda ini di supermarket atau toko tempat bahan kue.
    Cara menggunakan baking soda untuk menjadi obat asam urat paling ampuh. Pertama, anda bisa menyiapkan bahan yang dibutuhkan agar lebih mudah untuk menyembuhkannya. Sediakan baking soda dan juga selegas air. Setelah itu, anda bisa mencampurkan setengah sendok teh baking soda pada segelas air. Aduk sampa benar – benar rata dan minum campuran tersebut, paling tidak 4 kali dalam satu hari. Jangan menggunakan dosis yang lebih, sebab tidk akan baik untuk kesehatan anda. Cara ini bisa anda lakukan setiap hari selama dua minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk seseorang di atas usia 60 tahun tidak bolah minum lebih dari 3 kali dalam satu hari. Dan jangan menggunakan cara ini untuk seseorang yang memiliki darah tinggi.
  3. Menggunakan lemon untuk  Asam Urat
    Lemon memang sering menjadi bahan alami untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Lemon memiliki banyak sekali sebab kandungan yang dimiliki juga sangat banyak. Lemon dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit pada asam urat sebab akan bekerja dengan cara menetralkan asam urat yanga ada di dalam aliran darah. Kandungan vitamin C yang dimiliki sangat bemanfaat untuk mengatasi beberapa masalah yang ada di dalam tubuh. Selain itu, vitamin C yang dimiliki juga akan membantu menjaga daya tahan tubuh akan semakin kuat.
    Cara menggunakan lemon sebagai salah satu obat asam urat dari tumbuhan . Pertama, anda bisa menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk menjadikannya obat. Sediakan lemon yang masih segar satu buah saja dan juga baking soda satu sendok teh. Jika sudah, anda bisa membelah lemon menjadi dua bagian dan ambil sari airnya saja. Berikan sedikit air dan aduk sampai rata, kemudian anda bisa menambahkan baking soda satu sendok teh saja dan aduk sampai benar – benar rata. Diamkan selama beberapa detik agar busa menjadi menghilang dan kemudian mencampurkan dalam segelas air. Jika sudah anda bisa segera meminumnya. Cara ini lakukan 3 kali dalam satu hari dalam kurun waktu dua minggu.
  4. Menggunakan jahe untuk  Asam Urat
    Selain lemon, anda juga bisa menggunakan jahe. Jahe merupakan bahan rempah yang sangat mudah untuk ditemukan, biasanya digunakan sebagai bahan tambahan bumbu masakan di dapur. Sudah sedari dahulu banyak orang tahu bahwa jahe memiliki banyak manfaat untuk mengobati beberapa masalah yang ada di dalam tubuh. Salah satu manfaat jahe digunakan untuk mengatasi asam urat di dalam tubuh. Jahe sendiri memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga dapat mengatasi peradangan sendi yan terjadi. Untuk menggunakan jahe anda bisa menggunakan jahe yang masih segar agar khasiat yang diberikanjuga semakin banyak.
    Cara menggunakan jahe sebagai salah satu obat alami asam urat untuk orang tua. Pertama, anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Sediakan jahe yang muda dan juga beberapa air. Setelah itu, anda bisa membersihkan jahe dan mencuci jahe. Jika sudah, potongan kecil – kecil jahe yang akan anda gunakan kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya dan tunggu sampai benar – benar mendidih. Setelah itu anda bisa mengangkatnya dan tunggu sampai hangat. Minum ramuan jahe tersebut satu hari dua kali agar asam urat semakin cepat untuk disembuhkan. Atau anda bisa menggunakancara lainnya dengan membuat pasta dari jahe dengan air yang sedikit. Setelah itu anda bisa meletakkna pasta jahe pada bagian yang sakit dan diamkan selama 30 menit. Lakukan satu hari satu kali saja.
  5. Menggunakan ceri untuk Obat  Asam Urat
    Beberpaa jenis buah – buahan juga dapat digunakan untuk mengatasi asam urat yang mengendap pada sendi. Salah satu jenis buah yang dapat digunakan adalah ceri. Mungkin beberapa orang ada yang tidak tahu bahwa ceri juga memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Ceri dapat digunakan untuk mengatasi asam urat dikarenakan memiliki sifat antioksidan dan mengandung anthocyanin yang akan mengurangi peradangan serta dapat juga digunakan untuk meminimalkan kekambuhan dari peradangn sendi. Menggunakan ceri akan menguntungkan sebab rasanya juga enak, anda dapat menggunakan ceri yang manis atau juga yang asam.
    Cara menggunakan ceri sebagai salah satu tanaman obat asam urat tradisional. Pertama, anda bisa mencoba untuk menyiapkan beberapa bahan yang akan dibutuhkan. Sediakan, ceri sebanyak 15 – 20 buah yang masih segar. Setelah itu, anda bisa mencucinya sampai benar – benar bersih. Gunakan ceri untuk dibuat jus, masukkan semua ceri ke blender dan berikan tambahan sedikit air. Jika sudah lembut anda bisa meminumnya setiap hari satu kali. Jika anda ingin rasa yang berbeda maka anda bisa menambahkan madu yang asli agar rasanya lebih enak. Atau anda juga bisa saja menggunakan cara langsung memakan ceri yang sudah dibersihkan.
  6. Menggunakan apel  untuk Atasi Asam Urat
    Buah selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat adalah apel. Apel merupakan buah yang sangat mudah untuk ditemukan di Indonesia. Apel juga memiliki banyak kandungan yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa masalah yang ada di dalam tubuh dan salah satunya adalah asam urat. Ada kandungan asam malat di dalam buah apel yang akan bekerja untuk membantu menetralkan asam urat did lm tubuh, dengan demikian akan mengurangi rasa sakit asam urat dan juga peradangan. Menggunakan apel selain mudah ditemukan juga memiliki rasa yang enak, sehingga menggunakannya juga akan membuat anda merasa nyaman.
    Cara untuk menggunakan apel sebagai salah satu obat asam urat bagus. Pertama, anda bisa menggunakan dengan menyiapkan bahan yang digunakan. Sediakan apel yang masih segar satu buah saja. Setelah itu, anda bisa membersihkannya sampai benar – benar bersih. Jika sudah potong menjadi beberapa bagian dan blender dengan menggunakan air sedikit saja. Jangan mengupas kulitnya, blender dengan menggunakan kulitnya sampai benar – benar lembut. Kemudian minum jus apel tersebut sebelum makan. Lakukan cara ini 3 kali dalam satu hari, dan lakukan setiap hari sebelum anda makan. Jika dirasa terlalu merepotkan maka anda bisa mengkonsumsinya secara langsung setiap harinya sebelum makan.
  7. Menggunakan karbon aktif untuk  Asam Urat
    Pernah dengar karbon aktif? Karbon aktif atau yang sering disebut juga arang aktif ini merupakan bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat yang mengendap. Karbon aktif merupkan bahan alami yang digunakan untuk meredakan asam urat sebab dapat menertralkan kadar asam urat di dalam tubuh dan membantu untuk meredakan nyeri. Anda bisa membeli arang aktif atau bisa juga mencoba untuk membuatnya sendiri. Menggunakan arang aktif akan menjadi cara yang sangat aman untuk digunakan dan sangat efektif untuk mengatasi asam urat yang menyerang.
    Cara menggunakan karang aktif atau karbon aktif sebagai obat asam urat mujarab tidak memberikan efek samping. Pertama, anda bisa menyediakan beberap bahan yang dibutuhkan. Sediakan arang aktif secukupnya setelah itu anda bisa melembutkan arang aktif tersebut hingga menjadi setengah cangkir. Jika sudah anda bisa memerikannya air sedikit saja sampai menjadi pasta arang. Kemudian masukkan pasta arang tersebut pada bak mandi dan berikan tambahan air lebih banyak pada bak mandi dengan pasta arang tersebut. Jika sudah anda bisa menggunakan air arang tersebut untuk merendam bagian tubuh yang terasa sakit karena asam urat atau gout. Diamkan selama 30 menit agar memberikan efek samping yang ampuh untuk meredakan rasa sakit. Lakukan cara ini setiap hari sampai asam urat benar – benar sembuh.
  8. Menggunakan air dingin buat Asam Urat
    Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk cara mengatasi asam urat adalah menggunakan air dingin atau air es. Mungkin beberapa orang tidak banyak yang tahu dan merasa tidak percaya sebab air es termasuk bahan yang paling sederhana. Namun ternyata air es dapat berguna untuk mengurangi rasa sakit dan juga pembengkakan yang disebabkan oleh asam urat. Tidak heran, jika biasanya air es dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit dan bengkak yang diakibatkan oleh adanya trauma. Nah, begitu juga bisa digunakan untuk meredakan radang akibat dari adanya efek samping dari asam urat.
    Cara menggunakan air es sebagai obat asam urat yang alami dan aman sangatlah mudah. Pertama, anda bisa menyediakan air dan es batu secukupnya. Kemudian campurkan es batu dan air tersebut pada sebuah wadah yang besar. Tunggu selama 5 menit agar air menjadi dingin, kemudian anda bisa merendam bagian sendi anda yang bengkak ke dalam air tersebut selama 10 – 15 menit agar bereaksi. Ulangi proses tersebut selama beberapa kali dalam satu harinya. Atau anda bisa menggunakan cara lain dengan cara mengkompres es bagian yang bengkak dengan menggunakan es batu selama 15 menit tapi bungkus es batu dengan menggunakan kain kompres dan lakukan juga selama beberapa kali.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk asam urat

Jika anda tau dan memperaktekkan Cara Mencegah asam urat akan lebih baik daripada mengobati asam urat. Mencegah datangnya asam urat juga bisa dikatakan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan anda agar lebih baik. Cara untuk mencegah agar asam urat tidak menyerang sebenarnya banyak, seperti berikut;
Hindari beberapa makanan yang mengandung banyak purin. Purin dapat digunakan untuk meningkatkan akdar asam urat yang ada di dalam tubuh dan membuat tubuh kita rentan terserang terserang penyakit asam urat.
Kurangi berat bedan jika memang anda memiliki porsi tubuh yang terlalu berlebih. Fisik yang terlalu berlebihan akan membuat anda rentan terhadap datangnya serangan penyakit asam urat, bahkan bisa juga terserang beberapa penyakit yang lainnya. Jadi anda bisa mengurangi berat badan anda dengan cara yang sehat.
Sering – seringlah mengkonsumsi air putih yang secukupnya setiap hari, hal ini akan membantu anda untuk menghindarkan diri dari dehidrasi dan dapat juga digunakan untuk memperlancar pembuangan semua asma urat melalui datangnya urine sehingga dapat beresiko untuk pembentukan Kristal akan menjadi sangat minim. Disarankan agar anda meminum air putih sekitar 6 – 8 gelas dalam satu hari. Bahkan jika anda sering melakukan olahraga di bawah cuaca yang panas maka anda harus lebih banyak lagi mengkonsumsi air putih. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Obat Alergi Dingin Dan Debu Kulit Bentol Dengan Ramuan Tradisional.

Pantangan makanan untuk penderita asam urat

Pola makan memang menjadi hal yang harus diperhatikan dari semua penyakit, termasuk juga asam urat. Makanan menjadi pengaruh yang cukup tinggi ada kadar asam urat di dalam darah. Jenis makanan yang harusnya dihindari oleh penderita asam urat adalah makanan yang memiliki protein hewani atau juga nabati dan mengandung kadar purin yang sangat tinggi, kadar purin antara 150 – 800 mg/ 100 gram bahan makanan. Jadi hindari beberapa makanan berikut agar asam urat anda tidak menjadi parah;
  • Hindari untuk mengkonsumsi jeroan hewan seperti; hati, ginjal, jantung, usus, paru, babat, dan juga limpa.
  • Hindari untuk mengkonsumsi otak hewan. Biasanya banyak orang yang suka sekali mengkonsumsi otak hewan sapi.
  • Hindari makanan seperti sosis, kemudian sarden, dan kaldu daging yang siap saji.
  • Hindari makanan yang berbau seperti bebek, angsa, burung, dan beberapa macam lainnya.
  • Hindari untuk memakan remis, ragi, dan beberapa makanan lainnya.
  • Tidak hanya makanan, tetapi ada banyak juga jenis minuman yang harus dihindari ketika sedang terserang asam urat. Hindari untuk meminum minuman yang terlalu manis, kemudian hindari juga minuman yang mengandung soda, dan hindari minuman yang mengandung alcohol yang tinggi. Sebab hal tersebut dapat memicu datangnya asam urat.
Itulah beberapa informasi yang diberikan oleh Nama Obat seputar asam urat dan penanganannya. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.