Kamis, 06 Juli 2017

Obat Batuk Alami Untuk Balita Yang Bagus Langsung Sehat

Obat Alami Batuk Langsung Sehat - batuk adalah salah satu penyakit yang mudah sekali untuk ditemui. Penyakit batuk ini dapat menyerang siapapun, tidak peduli dengan usia. Bahkan penyakit batuk juga dapat menyerang anak – anak atau balita. Batuk yang menyerang balita merupakan adanya kondisi dimana tenggorokan, trakea atau bagian yang ada di dalam paru – paru akan mengalami iritasi dan juga infeksi. Batuk bisa dikatakan sebuah refleks yang sangat normal dalam rangka untuk membersihkan lendir yang ada di saluran nafas. Bisa dikatakan batuk bukan merupakan sebuah penyaki yang menyerang tubuh, tetapi sebuah reaksi yang diberikan tubuh atas masalah yang ada di saluran pernafasan.

Penyebab batuk yang menyerang balita

Penyebab datangnya batuk pada balita dan orang dewasa berbeda. Batuk memang merupakan pertanda adanya masalah yang terjadi di saluran pernafasan. Berikut ini beberapa penyebab yang memungkinkan menjadi penyebab batuk yang menyerang balita;
  • Batuk pada balita bisa disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus sendiri memiliki beberapa macam efek samping yang berbeda misalnya seperti; pilek, flu, croup, bronchiolitis, dan juga yang lainnya.
  • Bisa juga dikarenakan adanya infeksi bakteri yang juga bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti; pneumonia, kemudian ada infeksi sinus, ada juga batuk rejan yang biasanya akan menjadi penyebab batuk yang sangat serius.
  • Batuk yang datang pada anak balita juga bisa karena asma. Sebab penyakit asma juga bisa diderita oleh siapa saja tanpa memandang usia, termasuk juga anak balita.
  • Bisa juga karena alergi, beberapa anak yang memiliki paru – paru sensitive akan mudah terserang batuk yang disebabkan oleh alergi. Jika anak anda memiliki alergi hidung, maka lendir akan menetes pada tenggorokan dan dapat mengakibatkan adanya iritasi pada tenggorokan. Hal ini akan menyebabkan batuk yang berkepanjangan pada anak.
  • Dapat juga dikarenakan iritasi, dimana anak menghirup udara yang berasap, kemudian debu, atau bahkan bahan kimia yang menyebabkan iritasi pada lapisan saluran nafas dan juga dapat memicu batuk.
  • Aspirasi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, ketika makanan atau benda yang asing masuk ke saluran pernafasan maka juga bisa menyebabkan tersedak dan batuk.
  • Refluks asam atau kondisi dimana asam lambung naik di kerngkongan sehingga dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan juga dapat menyebabkan batuk terus – menerus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Obat Batuk Alami Yang Bagus Langsung Sehat

Gejala batuk pada anak balita

Jika gejala yang diterima dari batuk untuk anak balita, tidak akan berbeda jauh dari gejala batuk yang timbul pada orang tua. Berikut ini beberapa macam gejala batuk pada anak balita;
  • Biasanya ketika sebelum terserang batuk akan terserang demam terlebih dahulu. Demam yang menyerang pada masing – masing anak akan berbeda, ada yang dengan demam yang tinggi, ada juga dengan demam yang baisa saja.
  • Ketika anak sudah terserang demam dan batuk, maka bisa juga menyebabkan menggigil.
  • Ada nyeri pada tubuh anak, biasanya anak akan susah untuk mengungkapkan jadi mungkin anak akan jauh lebih rewel.
  • Batuk juga bisa memberikan gejala adanya radang tenggorokan pada anak.
  • Tidak hanya itu, tetapi anak juga bisa merasakan rasa mual dan ingin muntah.
  • Sakit kepala dan hidung yang beringus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Cara mengobati batuk pada anak balita dengan alami

Berikut ini beberapa daftara obat batuk alami untuk anak-anak dan juga bisa digunkan orang dewasa.
  1. Jeruk nipis dan madu untuk batuk anak
    Ketika memberikan pada anak – anak, memang anda tidak bisa sembarangan untuk memberikan obat batuk. Jika anak anda masih dalam usia balita, ada baiknya anda tidak memberikan obat dari bahan kimia sebab dapat memberikan efek smaping yang kurang baik. Menggunakan beberapa bahan alami akan membantu anda untuk menyembuhkan batuk balita anda. Jeruk nipis dan madu adalah salah satu paduan bahan alami yang sangat manjur digunakan untuk mengatasi penyebab dari batuk yang mengganggu anak anda. Tidak hanya itu, tetapi jeruk nipis dan madu juga bisa digunakan untuk menghilngkan rasa gatal di tenggorokan.
    Cara menggunakan jeruk nipis dan madu sebagai obat batuk alami buat anak-anak. Pertama, anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan jeruk nipis satu buah dan juga madu yang asli tanpa bahan pengawet. Hal ini akan membantu untuk menyembuhkan batuk pada anak lebih cepat. Setelah itu anda bisa memeras jeruk nipis untuk diambil airnya saja. Berikan tambahan air hangat dan madu kemudian aduk sampai rata. Jika sudah anda dapat memberikannya pada anak untuk diminum. Berikan satu kali dalam satu hari saja agar dapat mengobati batuk, berikan ketika anak anda akan tidur di malam hari.
  2. Obat Batuk alami Menggunakan kunyit

    Selain menggunakan obat alami jeruk nipis dan madu, anda juga bisa menggunakan kunyit. Kunyit salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Tidak hanya itu, kunyit juga bisa digunakan untuk menjadi bahan alami yang bermanfaat meningkatkan nafsu makan anak. Nah, karena kandungan baik yang ada di dalam kunyit sangat banyak sehingga dapat digunakan untuk tips mengobati batuk pada balita anda. Kunyit akan bekerja untuk menjadi inflames dan juga akan bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jadi kunyit akan bekerja untuk membunuh bakteri dan kuman yang juga menyerang tubuh. Menggunakan kunyit akan sangat membantu anda.
    Cara membuat obat batuk alami paling ampuh untuk balita dari bahan alami kunyit sangat sederhana. Pertama anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Siapkan kunyit bubuk atau anda bisa membuatnya sendiri. Untuk membuat kunyi bubuk anda bisa membakar satu ruas kunyit yang segar sampai benar – benar menjadi kering. Setelah itu, anda bisa menghaluskannya. Untuk memberikan kunyit pada anak, anda bisa mencampurkan kunyit bubuk dengan susu anak, atau anda bisa menyeduhnya dengan menggunakan madu dan air hangat. Berikan untuk diminum sebanyak dua kali dalam sehari agar batuk dapat disingkirkan dengan cepat. Berikan obat kunyit ini sampai batuk anak anda benar – benar sembuh dan tidak datang kembali.
  3. Cara Merawat Batuk Anak Menggunakan minyak tradisional

    Beberapa bahan alami yang digunakan untuk cara mengobati batuk alami biasanya hadir dalam bentuk oles dan tidak harus selalu diminum. Obat yang alami selanjutnya untuk batuk anak adalah minyak tradisional. Minyak tradisional ini merupakan minyak yang terbuat dari bahan – bahan yang alami dan dapat digunakan untuk mengobati dan meredakan batuk pada anak anda. Misalnya saja salah satu minyak tradisional yang daat digunakan adalah minyak kayu putih, kemudian minyak peppermint, atau juga minyak rosemary yang akan membantu melegakan pernafasan balita anda yang terserang oleh penyakit batuk.
    Cara menggunakan minyak tradisional sebagai salah satu obat alami batuk yang bagus untuk balita. Pertama, seperti biasanya anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti minyak tradisional yang sekiranya memang sering digunakan bayi dan cocok untuk digunakan. Selanjutnya anda hanya perlu untuk mengoleskannya ketika anda akan beranjak tidur. Oleskan pada bagian perut, kemudian dada, punggung, dan bagian leher anak. Jika minyak tradisional ini memberikan rasa panas yang berlebihan maka jangan memberikan terlalu banyak sebab akan membuat kulit anak merasa terbakar dan anak akan menjadi tidak nyaman untuk beristirahat ketika malam. Untuk anda hanya bisa mengoleskan sebisanya dan juga anda bisa menggunakannya ketika akan tidur saja. Sediakan minyak tradisional di rumah, hal itu akan membantu pengobatan anak.
  4. Cara Merawat Batuk Anak Memberikan banyak minuman

    Ketika anak anda masih dalam usia balita, memang obat – obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi bakteri atau virus yang menyerang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan perut dan organ dalam anak masih belum pernah atau masih sensitive untuk menerima beberapa pengobatan yang terlalu menggunakan bahan yang berlebihan. Sebenarnya ketika anak anda terserang batuk, maka anda bisa mencoba untuk memberikan asupan mineral atau minuman yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini akan membantu anak untuk mengingkatkan daya tahan tubuh anak, dan membuat anak merasa kuat untuk melawan bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh.
    Memberian asupan minuman sebagai salah satu obat batuk tradional untuk anak balita memang sangat membantu. Minuman yang diberikan juga tidak bisa sembarangan, anda bisa menggunakan minuaman air putih mineral biasanya atau anda juga bisa menggunakan jus buah yang diencerkan. Hal ini akan membantu untuk mencairkan lendir dan juga dahak agar sakit pada tenggorokan menjadi lebih ringan. Menggunakan air mineral biasanya akan jauh aman untuk diberikan ketimbang menggunakan obat – obatan berbahan kimia yang juga bisa memberikan efek samping yang kurang baik. Jika batuk sudah sembuh, kemudian cara ini masih anda lakukan akan menjadi hal yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh anak.
  5. Cara mengatasi batuk Menggunakan madu

    Madu adalah bahan alami yang dapat digunakan selanjutnya untuk menjadi obat batuk bagi anak balita. Madu yang digunakan haruslah madu alami agar tidak ada efek samping untuk anak. Madu yang memiliki kandungan tambahan seperti pemanis dan bahan pengawet tidak akan membantu untuk mengobati batuk anak. Untuk itu, jangan sampai tertipu ketika ibu akan membeli madu asli untuk mengobati batuk. Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, tidak heran jika dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan batuk datang menyerang. Tidak hanya itu, madu juga bisa bekerja untuk mengeluarkan lendir yang ada pada saluran pernafasan.
    Cara menggunaka madu sebagai salah satu obat herbal batuk alami yang manjur. Bahan yang dibutuhkan haruslah disiapkan lebih dulu. Siapkan madu asli dua sendok makan, kemudian air hangat, dan juga air lemon sedikit saja. Setelah itu, seduh air lemon dan madu dengan menggunakan air hangat. Aduk sampai benar – benar rata dan berikan pada anak anda untuk di konsumsi. Berikan obat madu yang alami ini sekitar 30 menit sebelum anak tidur. Hal ini akan membantu anak agar lebih nyaman untuk tidur dan tidak terganggu dengan batuk yang menyerang saluran pernafasan. Namun jangan memberikan madu ini pada anak di bawah usia satu tahun.
  6. Cara mengatasi batuk pada anak saat tidur Menggunakan jahe dan kencur

    Jahe dan kencur merupakan beberapa bahan yang sering digunakan untuk menjadi bumbu masakan di dapur. Namun, siapa yang menyangka bahwa jahe dan kencur ini dapat digunakan untuk mengobati batu pada anak. Jahe dan kencur akan membantu meredakan batuk dengan cara membantu membunuh kuman penyebab batuk. Tidak hanya itu saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menguatkan daya tahan tubuh anda agar semakin kuat menghadapai bakteri dan virus yang menyerang. Jahe dan kencur ini tidak bisa digunakan untuk anak di bawah satu tahun. Jahe dan kencur akan sangat membantu dan akan terasa nyaman ketika digunakan untuk anak anda.
    Cara menggunakan jahe dan kencur sebagai salah satu resep obat batuk alami untuk bayi. Pertama, anda bisa menyiapkan jahe dan kencur yang dibutuhkan, kemudian sediakan juga jeruk nipis dan madu asli. Jangan menggunakan terlalu banyak, masing – masing cukup satu cm saja. Setelah itu anda bisa membersihkan kedua bahan tersebut dan memarkan jahe dan kencur. Jika sudah anda bisa merebusnya dengan menggunakan air satu gelas. Tunggu sampai air tersisa hingga menjadi setengahnya kemudian angkat. Pada gelas, berikan air jeruk nipis dan madu, kemudian campurkan dengan air jahe dan kencur yang sudah direbus tadi. Aduk sampai rata dan berikan pada anak anda, berikan pada anak anda 30 menit sebelum tidur agar tidur anak anda semakin nyaman.
  7. Cara menyembuhkan batuk anak secara alami Menggunakan anggur

    Anggur adalah salah satu buah – buahan yang juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Mengobati penyakit batuk dengan menggunakan bahan alami dari buah akan menjadi anak anda semakin suka. Anggur sendiri memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk mencairkan lendir yang ada di saluran pernafasan. Menggunakan anggur untuk mengobati batuk anak anda, tidak bisa digunakan untuk anak di bawah umur satu tahun. Anggur tidak memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan anak anda, sehingga buah ini akan jadi obat batuk yang disukai anak – anak.
    Cara untuk menggunakan buah anggur sebaga salah satu ramuan obat batuk alami untuk anak balita sangatlah muda. Anda harus menyiapkan madu asli satu sendok makan, dan juga anggur yang masih segar secukupnya. Jika anda tidak ingin merasa repot, maka anda bisa memberikan anak anggur yang masih segar untuk dimakan secara langsung. Namun anda juga bisa memberikannya dalam bentuk jus agar anak anda tidak merasa bosan. Caranya masukkan anggur dengan kulitnya ke dalam blender, berikan madu satu sendok makan saja dan air sedikit saja, jangan membuat jus anggur yang terlalu encer jika digunakan untuk mengobati batuk anak. Setelah itu, anda bisa memberikannya pada anak anda untuk diminum. Gunakan cara ini dua kali dalam satu hari sampai batuk benar – benar sembuh.
  8. Berikan istirahat yang cukup

    Batuk yang datang menyerang anak anda, bisa jadi karena daya tahan tubuh anak anda menjadi lemah dan tidak kuat untuk melawan bakteri atua virus yang datang menyerang. Apalagi jika anak anda masih suka sekali bermain dengan aktifnya biasanya akan merasakan rasa lelah. Untuk itu, ketika batuk menyerang anak anda berikan waktu istirahat yang lebih banyak. Istirahat juga bisa menjadi salah satu obat yang alami untuk batuk anak. Agar anak merasa nyaman ketika istirahat, maka anda juga harus memastikan bahwa tempat dan kondisi anak yang sedang istirahat juga nyaman.

Pencegahan batuk untuk anak balita

Kesehatan anak dengan kesehatan orang dewasa sangat jauh berbeda. Anak jauh lebih sensitive dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh orang dewasa jauh lebih kuat dibandingkan dengan anak – anak. Untuk itu, berikan beberapa pencegahan terhadap anak agar tidak terserang batuk. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk mencegah batuk datang menyerang pada anak;
  • Berikan makanan dan minuman yang bergizi
    Gizi menjadi hal yang sangat dibutuhkan tubuh anak, salah satu manfaat gizi yang terpenuhi adalah menjaga daya tahan tubuh atau menguatkan tubuh dari serangan bakteri dan virus. Ketika anak anda makan makanan yang sehat maka tidak ada efek samping berupa penyakit karena dampak dari makanan. Berikan buah – buahan dan juga sayuran untuk anak anda.
  • Hindari asap
    Beberapa orang tua yang memiliki kebiasaan buruk merokok biasanya tidak menyadari bahwa merokok di depan anak akan berpengaruh sangat buruk untuk kondisi kesehatan mereka. Lindungi anak anda dari asap rokok dan beberapa asap polusi lainnya. Selain menjaga anak anda agar tidak terserang batuk, cara ini juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan organ dalam lainnya seperti paru – paru.
  • Berikan asupan air yang banyak
    Untuk melindungi anak anda dari penyakit batuk, maka sebaiknya berikan asupan air putih atau jus buah yang lebih banyak untuk anak anda. Ini akan membantu anak anda untuk tetap sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, air putih juga akan membantu mengatasi rasa gatal di tenggorokan dan dapat digunakan untuk mencairkan lendir yang mengganggu saluran pernafasan. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Obat Batuk Tradisional Untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui Yang Aman.
  • Makanan yang dilaran ketika balita batuk
    Makanan masih menjadi pola yang harus dijaga agar terhindari dari beberapa penyakit. Jika ibu tidak bisa menjaga pola makan anak, maka penyakit yang paling sering ditemui adalah gangguan pada batuk. Berikut ini makanan yang harus dihindari agar anak anda tidak batuk;
  • Makanan yang manis
    Biasanya anak – anak akan jauh lebih suka dengan beberapa makanan yang manis. Orang tua yang tidak tahu akan menuruti anak dengan memberikan makanan yang manis. Tetapi makanan yang manis juga bisa menyebabkan batuk datang menyerang. Rasa manis yang ada pada makanan akan memberikan rasa lengket di tenggorokan dan membuat tenggorokan merasa gatal. Kemudian akan ada lendir yang bersarang ditenggorokan dan bisa menyebabkan anak anda batuk.
  • Hindari minuman dingin
    Ketika anak di atas dua tahun, biasanya akan suka mengkonsumsi minuman yang dingin dan manis seperti es krim. Mungkin ketika mengkonsumsi es krim untuk beberapa kali tidak akan menjadi masalah tetapi es krim juga bisa menyebabkan batuk menyerang anak anda. Hawa dingin yang diberikan pada es krim ini akan membuat saluran pernafasan mengeluarkan lendir dan membuat batuk datang menyerang. Sesekali memberikan anak es krim mungkin boleh, tapi jangan terlalu sering sebab akan menyebabkan batuk.
  • Hindari makanan gorengan
    Gorengan biasanya jadi cemilan yang sering disediakan, kebiasaan buruk menjadikan anak ikut untuk menikmati makanan gorengan yang disediakan. Gorengan dapat juga memicu penyakit batuk datang menyerang. Untuk itu, sebaiknya hindarkan gorengan untuk anak anda. Jika memang anak anda sudah makan gorengan maka anda bisa memberikan banyak air putih.
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh Nama Obat tentang batuk pada balita dan aman juga untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.


EmoticonEmoticon