Kamis, 06 Juli 2017

70 Obat Batuk Anak 1 Tahun, 2 Tahun Dan 3 Tahun Herbal yang bagus dan aman

Obat batuk anak yang bagus dan aman- batuk bisa menjadi penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Sebenarnya batuk bukan sebuah penyakit, hanya saja batuk merupakan reaksi dari masalah yang menyerang daerah pernafasan. Ketika batuk menyerang anak anda tentu saja akan menjadi hal yang menyedihkan sebab anak akan menjadi rewel dan terlihat tersiksa. Umunya anak yang terserang batuk ini hanya dua minggu saja, namun bukan berarti anda harus menyepelekannya dan tidak memberikan penanganan. Batuk bisa juga menjadi tanda – tanda adanya penyakit yang parah juga. Untuk itu anda harus cepat dan tanggap ketika anak anda terserang batuk.
Batuk sama saja, entah yang menyerang orang tua atau juga bayi anda. Ada dua jenis batuk yang biasanya menyerang bayi, ada batuk kering dan juga batuk berdahak. Batuk kering ini merupakan sebuah reaksi yang didapat karena adanya rasa gatal pada bagian belakang tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya pembengkalan pada tenggoroan dan juga saluran pernafasan. Batuk kering biasnya akan menjadi salah satu dari gejala terjangkitnya penyakit pilek atau juga flu. Bayi akan memilki kemungkinan mengalami pilek hinga delapan kali dalam satu tahunnya. Namun hal itu akan segera berakhir sebab adanya kekebalan tubuh si kecil yang semakin meningkat.
Selain batuk kering yang menyerang si kecil ada juga batuk berdahak yang juga bisa menyerang bayi anda. Batuk berdahak merupakan sebuah upaya yang sangat alami untuk membantu mengeluarkan dahak dari dalam paru – paru. Batuk berdahak yang terjadi pada bayi biasanya diikuti dengan beberapa gejala yang ada.

Penyebab datangnya batuk pada bayi

Ada beberapa penyebab mengapa batuk sering menyerang bayi, berikut ini penyebab dari mulai yang paling sering sampai yang paling jarang;
  • Adanya infeksi virus yang menyerag tubuh bayi, misalnya saja seperti pilek, flu, bronchiolitis, dan beberapa masalah kesehatan karena virus.
  • Bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi bakteri seperti infeksi sinus, kemudian batuk rejan yang dapat juga menyebabkan batuk yang serius.
  • Batuk yang menyerang bayi anda juga bisa karena asma. Asma merupakan salah satu penyakit yang tidak memandang usia ketika menyerang.
  • Bisa karena alergi, beberapa anak biasanya memiliki alergi hidung, kemudian pada lendir yang menetes ditenggorokan dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk yang berkepanjangan.
  • Dapat juga karena adanya iritasi yang disebabkan oleh asap, debu, bahkan beberapa bahan kimia yang mengiritasi bagian lapisan saluran nafas dan dapat memicu datangnya batuk.
  • Terjadinya aspirasi, ketika makanan atau juga benda asing bisa msauk ke jalan nafas dan dapat juga menyebabkan tersedak atau batuk.
Tidak hanya itu, tetapi batuk yang menyerang juga bisa disebabkan oleh adanya refluks asam atau keadaan dimana asam lambung akan naik menuju kerongkongan kemudian akan memberikan iritasi tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk secara terus – menerus.
Obat Batuk Anak herball yang bagus dan aman

Gejala batuk yang terjadi pada bayi

Sekalipun batuk merupakan sebuah reaksi, namun tetap saja batuk juga memiliki gejala yang dapat menyerang. Berikut ini beberapa gejala yang menyerang ketika batuk sedang menyerang;
  • Biasanya anak yang terserang batuk karena adanya infeksi virus atau infeksi bakteri maka akan terasa demam. Sekalipun demam yang menyerang tidak selalu tinggi tetapi tetap saja akan terjadi demam.
  • Tidak hanya demam, tetapi anak anda juga terserang menggigil seperti orang yang kedinginan.
  • Ada rasa nyeri pada tubuh anak, namun biasanya tidak bisa disampaikan, jadi hanya sebatas rewel saja.
  • Anak yang batuk biasanya juga akan merasakan rasa sakit pada tenggorokan atau yang disebut juga dengan radang tenggorokan.
  • Adanya rasa mual dan muntah yang menyerang.
  • Kemudian tanda dari penyakit batuk yang disebabkan oleh bakteri dan virus juga memberikan rasa sakit pada kepala anak.
  • Kemudian ketika malam hari, istirahat anak anda tidak bisa tenang dan sering berkeringan ketika malam hari.
  • Biasanya ketika sedang batuk anak juga menjadi beringus.
  • Tidak semua gejala yang diberikan menyerang anak anda. Setiap anak pasti memiliki gejala yang berbeda – beda ketika sakit batuk. Hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang juga berbeda – beda.

Cara mengobati batuk pada anak secara alami

Ketika anak batuk, tentu saja anda harus tanggap memberikan penanganan. Jika anda tidak lekas memberikan penanganan maka bisa saja keadaan anak menjadi lebih buruk. Namun anda juga tidak bisa sembarangan memberikan obat, apalagi obat yang berbau bahan kimia. Anda bisa memberikan beberapa bahan alami yang aman digunkan sebagai obat batuk anak 1 tahun tradisional, seperti berikut ini;
  1. Menggunakan bunga belimbing wuluh
    Mungkin para ibu sudah tahu buah belimbing wuluh, sebab biasanya digunakan sebagai tambahan masakan untuk sayur asam. Namun, siapa yang menyangka bahwa bunga dari belimbing wuluh ini dapat digunakan untuk mengobati batuk pada anak. Hanya anak di atas satu tahun yang dapat menggunakan bunga belimbing wuluh. Kandungan yang ada pada bunga belimbing wuluh ini sangat banyak, sehingga dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan batuk pada anak. Tidak hanya itu, tetapi bunga belimbing wuluh ini dapat juga digunakan untuk menjaga dan menguatkan daya tahan tubuh anak anda. Jadi anak anda akan semakin kuat melawan penyebab adanya batuk yang menyerang.
    Cara menggunakan bunga belimbing wuluh sebagai salah satu obat anak batuk 2 tahun saat tidur malam hari. Pertama, anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan satu genggam bunga dari tanaman belimbing wuluh dan juga gula aren secukupnya. Setelah itu, anda bisa mencucinya sampai benar – benar bersih. Jika sudah, maka anda bisa merebusnya dengan menggunakan dua gelas air. Masukkan juga gula aren, aduk sampai rata dan tunggu sampai mendidih dan air rebusan menjadi setenghnya. Jika sudah angkat dan saring, tunggu sampai hangat dan berikan pada anak anda untuk diminum. Cara ini sangat ampuh untuk meredakan batuk, gunakan 3 kali dalam satu hari sampai batuk anak benar – benar sembuh.
  2. Menggunakan jeruk nipis
    Selanjutnya bahan alami yang aman digunakan untuk obat batuk berdahak anak 1 tahun adalah jeruk nipis. Jeruk nipis sudah dari dulu dikenal dapat digunakan untuk mengatasi batuk, tidak hanya untuk anak – anak tetapi juga untuk orang dewasa. Menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk akan menjadi bahan alami yang sangat ampuh. Hal ini dikarenakan kandungan dalam jeruk banyak vitamin C yang akan berguna untuk membuat bakteri mati dan tidak berani datang kembali. Tidak hanya itu, jeruk nipis juga akan membantu menguatkan daya tahan tubuh anak anda sehingga semakin mudah untuk mengobati batuk.
    Cara menggunakan jeruk nipi sebagai obat batuk anak alami sangatlah sederhana. Anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan seperti 1 buah jeruk nipis, 4 sendok madu yang asli, dan 5 sendok air yang matang dan hangat. Setelah itu, anda bisa membelah jeruk nipis menjadi dua bagian dan ambil sari airnya saja. Campurkan dengan 4 sendok madu dan juga 5 sendok air matang tadi. Aduk – aduk sampai benar – benar rata dan berikan pada anak untuk diminum. Cara ini dilakukan 3 kali dalam sehari sampai batuk anak sembuh dengan total. Gunakan pada anak di atas umur satu tahun.
  3. Menggunakan kencur
    Taukah anda kencur? Pasti beberapa ibu sudah tahu bagaiamana bentuknya kencur. Kencur merupakan rempah – rempah yang biasanya digunakan untuk menjadi bahan tambahan bumbu dapur. Kencur memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satu manfaat dari kencur ini dapat digunakan untuk mengobati batuk yang menyerang pada anak. Kencur merupakan bahan alami yang tidak akan memberikan efek samping yang buruk untuk anak anda. Kandungan yang dimiliki kencur akan membantu menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan dan membunuh kuman yang menyerang di dalam tenggorokan. Sehingga batuk pada anak akan segera diatasi dengan cepat dan secara aman.
    Cara menggunakan kencur sebagai salah satu obat batuk anak tradisional. Pertama, anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Siapkan 1 ruas kencur, 2 sendok air matang, dan 1 sendok madu asli. Kemudian anda bisa mencuci bersih kencur dan parut sampai halus. Kemudian tambahkan pada parutan kencur 2 sendok air matang. Peras dan ambil air kencurnya saja, setelah itu anda bisa tambahkan 1 sendok murni. Aduk sampai rata dan berikan pada anak dengan dosis 1 sendok makan untuk digunakan 3 kali dalam satu hari. Cara ini hanya digunakan untuk anak di atas usia satu tahun dan gunakan sampai batuk benar – benar sembuh dengan total.
  4. Menggunakan kunyit
    Selain kencur, ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk anak. Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah kunyit. Kunyit juga sering ditemukan di dapur sebagai salah satu bumbu dapur yang menyedapkan masakan dan menjadi bahan pewarna yang alami makanan. Kunyit memiliki senyawa yang dapat digunakan untuk mengatasi bakteri yang menyerang. Tidak hanya itu, tetapi kunyit jgua dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh anak sehingga batuk akan semakin mudah untuk disembhkan. Menggunakan kunyit akan menjadi obat batuk yang mudah sebab menemukan kunyit disekitar anda tidaklah susah.
    Untuk menggunakan kunyit sebagai salah satu obat herbal batuk anak 3 tahum aman tidak sulit. Sama seperti bahan lainnya, ada baiknya jika anda menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan kunyit 1 ruuas, kemudian 2 sendok matang, dan juga 1 madu murni. Cara menggunakan sama seperti menggunakan bahan kencur. Anda bisa mencuci kunyit sampai benar – benar bersih terlebih dahulu, kemudian anda bisa memarutnya dan tambahkan 2 sendok air matang. Saring dan ambil sari air kunyitnya saja, jika sudah maka anda bisa mencampurkannya dengan madu asli 1 sendok dan aduk sampa rata. Berikan pada anak anda untuk diminum cukup 1 sendok saja untuk diminum. Cara ini dapat anda lakukan 3 kali dalam satu hari sampai batuk anak sembuh. Menggunakan kunyit hanya bisa digunakan pada anak usia satu tahun ke atas.
  5. Menggunakan jahe
    Masih banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit batuk pada anak. Salah satu bahan alami selanjutnya adalah jahe. Jahe memang memiliki rasa pedas, namun kandungan yang dimiliki dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan anak, tidak hanya itu tetapi juga bisa digunakan untuk mencegah adanya peradangan pada tenggorokan. Menggunakan jahe untuk mengobati batuk pada anak hanya boleh digunakan pada anak usia di atas satu tahun.
    Cara menggunakan jahe sebagai satu dari beberapa obat batuk anak paling amuh, sama seperti yang lainnya sangatlah muda. Pertama, anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan 1 ruas jahe dan 2 sendok makan. Setelah itu anda bisa membersihkan dan mencuci jahe sampai benar – benar bersih. Setelah itu, anda bisa memarkan jahe sampai benar – benar lembut dan rebus jahe dengan menggunakan air satu gelas. Tunggu sampai mendidih dan angkat, saring air rebusan dan tambhkan madu asli yang sudah disediakan tadi. Ketika dalam keadaan hangat berikan pada anak. Satu hari cukup satu gelas untuk mengatasi rasa gatal yang ada ditenggorokan anak dan menyebabkan batuk menyerang.
  6. Menggunakan daun sirih
    Taukah anda bahwa daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati batuk pada anak. Selama ini mungkin yang banyak diketahui orang, daun sirih dapat digunakan untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan. Namun daun sirih mempunyai sifat antibiotik yang dapat digunakan untuk membunuh kuman dan mencegah adanya peradangan yang ada di dalam tenggorokan. Menggunakan daun sirih sebagai bahan alami untuk mengobati batuk pada anak anda sangat aman dan efektif. Tetapi, untuk menggunakannya hanya boleh dilakukan untuk anak di atas umur satu tahun. Menggunakannya juga mudah sebab daun sirih juga mudah untuk ditemukan di sekitar anda.
    Cara menggunakan daun sirih sebagai obat tradisonal batuk anak 4 tahun. Pertama, anda bisa menyiapkan bahan yang dibutuhkan seperti cara yang sebelumnya. Siapkan daun sirih sebanyak 2 lembar, dan juga madu asli 2 sendok makan. Jika sudah anda bisa membersihkan daun sirih sampai benar – benar bersih. Kemudian anda bisa merebusnya menggunakan air satu gelas saja. Tunggu sampai mendidih dan air menjadi setengahnya, saring dan biarkan hangat. Tambahkan madu asli, dan aduk sampai benar – benar rata. Berikan pada anak anda dengan dosis 1 sendok makan saja untuk digunakan 3 kali dalam satu hari. Hentikan penggunaan jika batuk anak anda sudah mulai reda.
  7. Menggunakan terapi uap
    Mencoba menyembuhkan batuk anak memang tidak mudah. Sebab daya tahan tubuh anak yang tidak terlalu kuat seperti orang dewasa akan membuat bakteri jadi masuk dengan mudah. Selain menggunakan beberapa bahan yang alami dan didapatkan dari tumbuhan. Bukan berarti tidak ada cara alami lagi untuk menyembuhkan batuk anak anda. Selain menggunakan bahan alami, anda juga bisa menggunakan uap sebagai cara yang alami untuk mengobati batuk pada anak anda. Uap akan membantu untuk mencairkan lendir yang mengganggu saluran pernafasan dan membantu mengeluarkannya. Tidak hanya itu uap juga akan membantu melegakan pernafasan anak anda, sehingga batuk akan hilang dengan sendirinya.
    Bagaimana menggunakan uap sebagai obat batuk anak 1 tahun ke atas yang alami dan aman? Sebenarnya sangat mudah dan bisa digunakan untuk anak anda. Pertama, sediakan air untuk direbus sampai benar – benar mendidih. Kemudian anda bisa memberikan campuran minyak kayu putih beberapa tetes. Setelah itu, pindah air dari dalam panci pada baskom. Jika sudah maka dekatkan baskom pada anak anda, namun hati – hati dan perkirakan bahwa anak anda berada pada jarak yang aman. Biarkan anak menghirup uap dari air dalam baskom tersebut. Lakukan cara ini berulang – ulang untuk mendapatkan hasil yang efisein. Jangan menggunakan cara ini untuk anak di bawah satu tahun, sebab dikhawatirkan ada hal yang tidak diinginkan.

Cara mencegah batuk pada anak

Mencegah agar batuk tidak menyerang anak anda memang bukan hal yang mudah, hal ini disebabkan oleh daya tahan tubuh anak yang belum mampu kuat, dan juga banyak bakteri atau virus yang ada disekitar anak anda. Namun tentu saja anda bisa melakukan beberapa penanganan untuk mencegah agar anak anda terhindari dari batuk. Ketika musim flu datang, sering – seringlah mengajak anak anda mencuci tangan, hal ini akan mencegah penyebaran virus. Namun akan semakin lebih baik jika anda bisa mengajak anak anda cuci tangan sesering mungkin. Selain itu, minta juga pada beberapa orang dewasa yang sering ada disekitar anak anda untuk melakukan hal yang sama, yaitu sering mencuci tangan. Setelah itu, jangan biarkan anak – anak anda terlalu dekat dengan beberapa orang yang terserang flu. Virus dari flu ini dapat membuat anak anda menjadi terserang batuk juga.
Selain menjaga dari virus, pastikan anak anda juga aman dari jangkauan perokok. Jangan biarkan perokok berada di rumah atau sekitar aktivias anak anda. Berikan ruangan sendiri untuk perokok yang tidak dekat dengan anak. Jika anak anda sering menghirup asap rokok, maka kemungkinan anak anda akan menjadi perokok pasif dan dapat menghadapi beberapa resiko bagi kesehatan mereka. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Obat Batuk Alami Untuk Balita Yang Bagus Langsung Sehat.

Pantangan batuk dari makanan yang harus dihindari ketika anak batuk

Anak yang sudah diizinkan untuk mengkonsumsi beberapa makanan biasanya akan mencoba beberapa makanan dan minuman yang baru ditemuinya. Namun, ketika anak anda terserang batuk ada baiknya jika anda memperhatikan apa yang dimakan dan diminum. Makanan dan minuman akan memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan anak anda. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dilarang ketika anak batuk;
  • Hindari makanan yang manis, mungkin makanan yang manis akan menjadi makanan favorit anak anda. Namun, ketika anak anda batuk maka makanan yang manis akan membantu meningkatkan resiko alergi dan kandungan gula yang ada dapat mengganggu sistem kerja kekebalan tubuh anak.
  • Hindari juga makanan dan minuman yang dingin. Selain manis, makanan yang dingin juga bisa memicu datangnya batuk sebab sushu dingin dapat menyebabkan adanya rangsangan alergi dan juga iritasi pada saluran pernafasan.
  • Gorengan juga termasuk dalam salah satu makanan yang harus dihindari ketika anak anda sedang batuk. Memang gorengan tampak selalu menggiurkan sebab rasanya yang enak akan membuat anak anda merasa ketagihan. Namun gorengan dapat membuat gatal pada tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk menyerang. Jika anak anda tidak bisa menghindari makanan yang digoreng, maka coba ganti dengan makanan yang dipanggang atau juga direbus.
Itulah beberapa informasi yang diberikan oleh Nama Obat seputar batuk anak dan cara penanganannya. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.