Sabtu, 08 Juli 2017

80 Herbal Obat Demam Anak 1 Tahun, 2 Tahun Tradisional Yang Aman

Obat Demam Anak Tradisional - Demam merupakan gejala yang sering dialami oleh anak – anak dan sebagaia besar memang terjadi bukan menjadi kondisi yang membahayakan. Demam akan terjadi ketika kekebalan tubuh anak sedang berperang melawan infeksi yang juga ada di dalam tubuh. Dalam istilah medis, jika ada seseorang yang menderita demam, maka suhu tubuhnya bisa mencapai 37,5 celcius atau ahkan lebih. Cara yang tepat untuk mengetahui dengan cepat dan tepat apakah anda sedang terserang demam atau tidak bisa dengan memeriksa suhu tubuhnya. Pemeriksaan suhu tubuh akan dilakukan dengan menggunakan termoter. Jangan tergangung pada rabaan tangan untuk mengukur suhu tubuh anak sebab bisa jadi lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Penyebab demam pada anak

Karena demam pada anak adalah sebuah gejala namun bukan berarti tidak ada sebab bagaimana datangnya demam pada tubuh anak anda. Berikut ini beberapa penyebab yang mungkin terjadi pada anak anda;
  • Dikarenakan adanya infeksi saluran pernafasan. Demam yang terjadi pada anak bisa saja disebabkan oleh datangnya virus atau bakteri yang menyerang daya tahan tubuh anak pada saluran pernafasan, akan membuat infeksi pada saluran pernafasan. Infeksi yang terjadi akan menyebabkan demam turun kemudian beberapa penyakit lainnya muncul seperti pilek, flu, dan bisa jadi hingga radang tenggorokan.
  • Karena adanya infeksi pada telinga anak anda juga bisa menjadi penyebab dari demam yang menyerang. Setiap anak memang wajib untuk diberikan imunisasi pada usianya masing – masing, hal ini agar tidak terserang adanya penyakit polio atau beberapa penyakit yang lainnya. Memberikan anak imunisasi hingga tuntas dapat dilakukan di posyandu terdekat dengan rutin. Nah, imunisasi yang sudah diberikan pada anak memiliki efek samping demam pada anak, untuk itu ibu tidak perlu khawatir akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan selepas memberikan imunisasi, hal tersebut sangat wajar. Berikan penanganan saja seadannya, agar anak merasakan nyaman dan juga tidak terlalu rewel.
  • Selanjutnya, penyebab demam pada anak bisa saja karena adanya penyakit yang serius seperti demam berdarah. Ketika demam anak ibu semakin tinggi dan tidak turun juga selama beberapa hari sebaiknya anda butuh untuk waspada. Apalagi jika setelah demam ada beberapa bintik merah pada tubuh anak, bisa jadi itu demam berdarah. Jika muncul beberapa gejala dari demam berdarah dengan demam yang tinggi maka berikan penanganan secepatnya, dan jangan sampai terlambat. Untuk lebih baik lagi, sebaiknya ibu periksakan anak ke dokter terdekat agar mengetahui hasilnya, apakah masuk dalam demam berdarah atau hanya karena infeksi dari bakteri yang lainnya. Jangan sampai mengetahui terlambat itu akan membahayakan anak.
  • Karena terserang cacar air juga bisa menjadi penyebab dari datangnya demam pada anak. Jika anak anda mengalami cacar air biasanya akan diikuti efek samping demam pada anak yang lumayan tinggi yang termasuk menjadi salah satu gejala dari cacar air. Tidak hanya demam yang tinggi tetapi juga diikuti rasa gatal yang akan menyiksa anak dan mungkin aka membuat anak anda merasa rewel. Jangan panik, sebab hampir semua anak mengalami penyakit cacar dan tidak terlalu membahayakan. Namun, bukan berarti anda tidak bisa memberikan penanganan pada anak anda. Untuk itu, sebaiknya segera periksakan agar cacar lebih cepat untuk diatasi oleh dokter dan membuat anak anda nyaman kembali.
Herbal Obat Demam Anak 1 Tahun, 2 Tahun Tradisional Yang Aman

Gejala-Gejala demam sedang menyerang

Sekalipun demam merupakan gejala, namun demam yang datang juga memberikan beberapa gejala dimana bisa diartikan anak anda sedang terserang demam. Berikut ini beberapa gejala dan hal yang bisa dilakukan ketika anak terserang demam dan bisa anda perhatikan dengan baik;
  • Biasanya demam akan dimulai pada suhu 38 derajat celcius. Anda bisa memeriksa suhu tubuh dengan menggunakan termomter. Jika memang ada pada suhu tubuh 38 derajat celcius berarti memang terserang demam. Jangan sering memeriksa menggunakan rabaan tangan sebab sangat fatal, bisa saja anda salah mengartikan demam atau tidaknya anak anda. Jika suhu masih di bawah 38 derajat celcius maka anda tidak perlu merasa khawatir sebab masih aman.
  • Kenali waktu ketika demam disebabkan oleh infeksi bakteri atau terkena serangan virus. Gejala yang diberikan biasanya berbeda dan cara penanganannya harusnya juga berbeda. Jika demam yang datang pada anak anda disebabkan adanya infeksi virus maka akan hilang dalam waktu tiga hari saja. Tetapi berbeda jika terserangnya dikarenakan infeksi bakteri sebab dapat berlangsung lebih lama. Jika lebih dari tiga hari anak anda mendapati demam yang tidak turun juga maka ada baiknya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk atau dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Jika demam yang datang pada anak di bawah usia 3 bulan maka bukan gejala yang umum dan sederhana. Untuk mengetahui hal yang pasti, maka sebaiknya anda periksa ke dokter. Sebab demam pada anak di bawah 3 bulan dikatakan sebagai kondisi yang gawat dan bisa membahayakan. Sebab karena anak usia tersebut belum memiliki sistem imunitas yagn sempurna sehingga bisa saja bereaksi ketika mengalami infeksi virus atau juga bakteri. Jika tubuhnya tiba – tiba terserang demam maka hal tersebut bukan pertanda hal yang baik dan bisa saja ada penyakit yang membahayakan tubuh anak anda. Untuk mendapatkan penanganan terbaik dan tahu, maka anda bisa mengetahuinya dari dokter.
  • Dubur merupakan tempat untuk mengukur suhu tubuh anak anda dengan sangat akurat. Biasanya memang para ibu akan mengukur suhu tubuh anak melalui ketiak atau juga di mulut. Namun para ahli menyebutkan bahwa cara yang paling tepat untuk mengukur demam pada anak dengan menggunakn thermometer dubur sebab hasilnya akan sangat akurat. Itu pula sebab obat penurun demam dengan dosis tinggi juga tidak akan diberikan melalui viral melainkan lewat dubur. Menggunakan cara ini untuk megnatasi demam pada anak akan semakin memudah anda. Karena memang hasilnya akurat, jika memang ada di atas 38 derjata celcius maka anda bisa membawanya ke dokter terdekat.
  • Atasi gejala yang ada pada anak ketika demam, jangan terfokuskan pada angka demam anak. Banyak orang tua yang memiliki keyakinan sangat tinggi pada suhu tubuh yang demamnya menjadi semakin parah, namun sebenarnya hal tersebut kurang benar. Sebab ada juga beberapa anak yang memiliki demam 39 derajat celcius namun masih ceria dan dapat bermain seperti biasanya. Sementara untuk anak yang demamnya berkisar 38 derajat celcius akan merasa lemas dan tidak bisa melakukan banyak aktivitas. Hal ini akan menentkan tindakan apa yang akan dilakukan dengan melihat gejala lain yang terjadi pada anak apa yang terjadi.

Cara mengatasi demam pada anak anda secara alami

Ini adalah beberapa tips mudah mengatasi demam pada anak dan juga bisa diterapkan ke orang dewasa:
  1. Memperbanyak asupan cairan pada anak anda

    Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak anda secara alami adalah memperbanyak asupan cairan pada anak. Memberikan banyak cairan akan sangat membantu untuk mencegah datangnya dehidrasi yang akan memperparah demam pada anak anda. Anda bisa memberikan air putih atau bisa juga ASI jika memang masih menggunakan ASI. Jangan memberikan minuma yang tidak sehat bagi anak, apalagi minuman kemasan sebab tidak akan menyembuhkan demam justru akan memberikan efek yang kurang baik untuk menjadi obat alami demam anak.
  2. Seringlah mengontrol tubuh anak

    Mungkin orang tua sedikit mengabaikan hal ini, tetapi mengontrol tubuh anak menjadi hal yang sangat penting. Selain membuat anak tetap dalam keadaan memiliki banyak cairan sebagai cara petama untuk mengatasi demam pada anak anda secara alami, anda juga perlu untuk mengukur suhu anak dengan pasti. Kebiasaan beberapa orang tua biasanya mengira – ngira berapa suhu panas anak, padahal kebiasaan mengira – ngira ini tidak baik sebab akan membahayakan anak jika ada salah dalam tebakan dan akhirnya tidak memberikan penanganan yang tepat untuk anak anda. Gunakan thermometer agar lebih tepat, dan jangan hanya sekali saja memeriksa suhu anak anda. Sering – seringlah menggunakan termomter.
  3. Hindari penggunaan bahan pakaian yang tebal

    Biasanya, ketika anak anda sedang sakit sering sekali memberikan bahan dengan tebal agar keringat menjadi keluar dan demam turun. Padahal cara tersebut bukan cara yang baik. Ketika anak anda sedang demam sebaiknya jangan memberikan pakian atau selimut yang tebal papda anak. Justru sebaliknya berikan pakian yang tipis agar pori – pori pada kulit bisa bernafas, jika anda memberikan baju tebal atau selimut yang tebal bisa jadi nanti akan terjadi suhu panas yang semakin lebih. Selain itu, ketika anda memberikan baju atau selimut yang tipis maka anak juga bisa bebas bergerak tanpa merasa gerah dan itu akan membuatnya merasa nyaman. Anak bisa beraktivitas seperti biasanya dan anda harus memperhatikan kenyaman anak anda.
  4. Seringlah mengganti pakian anak

    Sering mengganti pakian anak memang menjadi hal yang sepele, tetapi sebenarnya mengganti pakian anak ini sangat bermanfaat sekali. Kenapa harus sering – sering mengganti pakian anak anda? Sebab ketika demam biasanya anak akan sering berkeringat dan itu akan membuat kulitnya merasa tidak nyaman dan akan membuat anak anda semakin merasa rewel. Anda bisa sering – sering mengganti pakiannya dengan bahan yang tepat, jangan menggunakan bahan yang panas. Sebaiknya gunakan bahan yang bisa menyerap keringat dan juga panas pada anak, misalnya baju yang terbuat dari kain katun. Jika bahan baju bisa digunakan untuk menyerap keringat dan panas maka anak anda akan nyaman menggunakannya ketika sedang beristirahat. Nyaman ketika beristirahat bisa jadikan cara merawat demam anak alami secara tidak langsung.
  5. Menggunakan cara mengopres anak demam

    cara menurunkan demam anak tanpa minum obat selanjutnya yang alami dan aman digunakan adalah mengompres anak anda yang sedang demam. Mengompres memang selalu bisa jadi cara yang paling handal diantara beberapa cara lainnya dan sudah sering dilakukan oleh para orang tua setiap anak demam. Anda bisa mengompres anak anda dengan menggunakan air hangat sekitar 30 – 32 derajat celcius. Sebaiknya anda menghindari penggunaan air dingin ataupun alcohol ketika mengompres anak anda sebab dapat menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah dan mengakitbatkan terperangkapnnya suhu panas di dalam tubuh anak, akhirnya demam tidak bisa disembuhkan secara baik. Selain itu menggunakan alcohol akan membuat resiko adanya keracunan alcohol yang diserap oleh anak anda, sebaiknya hindari hal – hal yang membahayakan. Maka dari itu sebaiknya anda menggunakan air hangat yang lebih mudah dan lebih aman untuk mengoabati demam pada anak anda.
  6. Berikan asupan makanan yang sehat

    Ketika anak anda terserang demam biasanya akan sulit untuk makan, padahal makanan menjadi hal yang penting dan dibutuhkan oleh anak ketika demam sedang menyerang. Makanan juga bisa mempengaruhi kesehatan pada anak, bisa jadi demam yang timbul karena tidak cukupnya gizi dan juga ada gangguan pada pencernaan pada anak anda. Memberikan makanan yang sesuai dan sehat sangat penting untuk anak anda sebab hal tersebut yang dibutuhkan tubuh anak. Untuk anak yang masih dibawah 6 bulan bisa saja hanya menggunakan asupan ASI dari ibu yang banyak seperti cara yang pertama. Untuk anak yang sudah menggunakan makanan sebaiknya anda memberikan tekstur yang lembut dan juga rendah serat dan gizi yang seimbang. Hal ini akan bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh anak, misalnya saja seperti sereal, roti, biskuat, atau juga bubur. Mengatasi demam pada anak dengan makanan bisa menambahkan tenaga anak dan membuat daya tahan tubuh kembali pulih.
  7. Berikan istirahat yang cukup untuk anak

    Obat demam anak 2 tahun tanpa obat bisa juga menggunakan istirahat yang lebih banyak dari biasanya dan berikan waktu dan tempat yang nyaman untuk istirahat anak anda. Anak yang sedang demam biasanya lebih rewel sebab merasakan ada yang tidak nyaman dalam tubuhnya kemudian sering anak juga merasakan pusing yang hebat. Untuk itu anak butuh istirahat yang lebih banyak dari biasanya, hal ini juga akan menguatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyebab dari datangnya penyakit demam. Biasanya anak memang lebih suka bermain dan beberapa orang disekitarnya suka sekali untuk mengajaknya bermain, tapi ketika demam sebaiknya waktu bermain ditunda terlebih dahulu dan berikan beberap waktu lebih untuk istirahat dengan nyaman.
  8. Mandikan anak dengan air hangat

    Kebersihan anak tetap menjadi hal yang penting sekalipun sedang demam sebab penyakit juga bisa datang dari sekitar dan akan menjadi hal yang kurang baik jika tubuh tidak dimandikan. Jika anak anda sedang demam tinggi anda bisa memandikannya dengan air hangat. Jangan memberikan air yang terlalu panas, hal tersebut tidak akan baik untuk kulit anak atau memberikan iritasi pada kulit anak anda. Memandikan anak dengan menggunakan air hangat akan membuat anak merasa nyaman dan rileks. Selain itu menggunakan air panas bisa menjadi cara untuk mengatasi demam pada anak karena anak anda dapat menghirup uap yang dihasilkan oleh air hangat. Bisa saja demam anak dikarenakan adanya infeksi pada saluran pernafasan dan itu membuat anak merasa lega karena menghirup uap, saluran pernafasan menjadi lebih baik dan pusing juga bisa diatasi dengan menggunakan uap air hangat. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Fase, Gejala Dan Obat Demam Berdarah Pada Anak Yg Ampuh.

Cara mengobati demam anak dengan bahan herbal

Jika anda ingin mengobati demam anak anda dengan menggunakan bahan herbal yang sekiranya tidak membahayakan untuk anak dan dapat dibuat sendiri di rumah, maka anda harus memilih bahan yang tepat. Berikut ini beberapa bahan yang bisa digunakan;
  1. Menggunakan kunyit untuk Demam Anak

    Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati demam pada anak tidak bisa sembarangan sebab bisa juga memberikan dampak yang kurang baik untuk anak. Demam yang menyerang anak anda biasanya disebabkan oleh beberapa sebab, jika tidak karena kelelahan maka bisa jadi adanya virus yang menyerang dari dalam tubuh. Anda bisa menggunakan kunyit yang sudah terkenal digunaka sebagai Obat demam anak tradisional dan tidak berbahaya. Menggunakan kunyit pada anak hanya boleh digunakan pada anak dengan umur di atas satu tahun. Kunyit dikenal memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak astiri, tumeron, cucurin, dan juga zingiberen yang akan sangat membantu untuk mengatasi demam pada anak. Bahan – bahan yang ada dalam kandungan kunyit ini dapat memunculkan sifat anti-bakteri, anti-oksidan, dan juga anti-inflamasi yang dibutuhkan ketika demam sedang naik pada anak anda. Menggunakan kunyit juga bisa menjadi cara yang tepat sebab dapat ditemukan dengan baik.
    Untuk menggunakan kunyit sebagai ramuan obat demam anak yang alami maka anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan agar lebih mudah membuatnya. Sediakan kunyit terlebih dahulu setidaknya 10 gram, siapkan juga jeruk nipis ½ buah saja dan juga ½ gelas air panas. Kemudian setelah bahan sudah disipakan semuanya anda dapat membersihkan kunyit untuk dicuci sampai bersih dan parut hingga lembut. Setelah itu tambahkan ½ gelas air panas dan aduk hingga menjadi rata. Setelah menunggu dingin anda bisa memeras untuk mengambil sarinya. Jika sudah didapatkan sarinya maka anda bisa menambhkan jeruk nipis yang sudah diperas. Kemudian minum setengah gelas saja dan lakukan dua kali dalam satu hari. Jika anak anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan satu sendok makan madu yang asli agar rasanya lebih nikmat. Cara menurunkan demam dengan menggunakan kunyit akan membantu demam anak anda turun dengan cepat.
  2. Menggunakan temulawak untuk Demam Anak

    Selanjutnya, anda bisa menggunakan temulawak yang juga aman digunakan untuk mengobati demam pada anak anda. Temulawak dan kunyit sebenarnya adalah tanaman rimpang yang bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat sebab memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat. Temulawak dikenal memiliki kandungan zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha, betha curcumena, dan juga bebrapa kandungan lain yang bermanfaat digunakan untuk menurunkan demam anak anda dengan baik tanpa efek samping. Manfaat temulawak yang digunakan sebagai anti-inflasmasi, antibiotic, dan digunakan untuk meningkatkan produksi dan sekresi dari empedu pada tubuh anak. Temulawak dapat digunakan untuk anak di atas usia satu tahun.
    Untuk menggunakan temulawak sebagai obat penurun panas anak yang bagus, pertama anda harus menyiapkan bahan yang dibutuhkan agar mempermudah. Sediakan bahan alami seperti temulawak sebanyak 10 gram, ½ gelas air panas, 2 sendok makan madu asli. Setelah bahan dikumpulkan anda bisa membersihkan temulawak terlebih dahulu dan cuci sampai benar – benar bersih. Kemudian anda bisa memarut halus temulawak. Setelah sudah diparut sampai lembut anda bisa menambahkan air panas dan aduk hingga rata, biarkan menjadi agak dingin dan ambil sari dari temulawak dengan cara memerasnya. Jika sudah anda bisa menambahkan madu dan aduk, minum dengan dosisi tiga sendok makan saja sisanya bisa anda simpan untuk digunakan lagi, dalam satu hari minum 3 kali. Dengan begitu demam pada anak anda juga akan cepat turun.
Itulah beberapa informasi tentang demam pada anak dan cara penanganannya dari kami Nama Obat . Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.