Sabtu, 08 Juli 2017

Fase, Gejala Dan Obat Demam Berdarah Pada Anak Yg Ampuh

Obat Demam Berdarah Paling Ampuh - demam dengue atau yang sangat dikenal dengan nama demam berdarah merupakan sebuah penyakit yang dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi pada umumya dan juga disertai dengan adanya sakit pada kepala, nyeri pada sendi, kemudian nyeri pada otot, tulang, dan juga serta nyeri di bagian belakang mata. Sebenarnya demam dengue dan juga demam berdarah merupakan sebuah kondisi yang berbeda. Demam beradah merupakan komplikasi dari demam dengue yang semakin memburuk. Demam dengue ataupun demam berdarah merupakan sebuah penyakit yang memang harus diwaspadai. Penyakit ini dapat menyerang anak – anak dan juga orang dewasa.

Penyebab dari demam berdarah yang menyerang anak

Setiap penyakit yang datang pasti memiliki beberaa penyebab, begitu juga penyebab dari penyakit demam berdarah. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa demam dengue ini disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti yang menggigit anak anda dan sering menyerang pada kota – kota yang padat di daerah tropis. Biasanya nyamuk ini sering sekali datang pada musim hujan, sebab banyak sampah yang bisa terkena hujan dan menjadi genangan untuk rumah dari nyamuk aedes aegypti. Jentik –jentik dari nyamuk demam berdarah inilah yang sering ditemukan di kolam, sampah bekas yang ada di sekitar rumah, kemudian kamar mandi rumah, dan beberapa tempat yang cekung atau bisaterkena air hujan untuk menjadi genangan. Tempat – tempat seperti itu harusnya memang diberantas dan jangan sampai memberikan kesempatan pada nyamuk demam berdarah untuk datang dan menyebabkan anak anda terserang penyakitnya.
pengobatan demam berdarah

Virus dengue ini menjadi penyebab utama damam dengue dan diketahui dibagi menjadi empat jenis virus yang berbeda. Virus tersebut dapat mengakibatkan demam berdarah DEN-1,DEN-2, DEN-3, dan juga DEN-4. Kekebalan dari beberapa jenis virus ini dapat memberikan peranan penting dan juga tingkat keparahan dari penyakit demam berdarah ini. Keempat jenis virus yang menyebabkan demam dengue ini memiliki hubungan yang kuat. Misalnya saja, jika anak yang sudah terinfeksi satu jenis virus maka ia akan menjadi kebal dari virus jenis tersebut tetapi untuk jenis virus yang lainnya tetap saja tidak dapat kebal.
Penyerangan yang di lakukan oleh nyamuk aedes aegypti ini suka menyerang pada waktu pagi hari hingga sore hari, hal ini dikarenakan nyamuk ini suka sekali dengan karbondioksida manusia dan juga bau keringat dari manusia. Dan lagi biasanya yang sering menggigit manusia adalah nyamuk yang betina. Nyamuk ini membutuhkan darah manusia untuk melakukan kembang biaknya, dimana nyamuk tersebut butuh nutrisi untuk telur – telurnya. Jadi usahakan agar sekitar anda tetap terlindungi ketika musim hujan, agar tidak menyebabkan anak anda terserang penyakit demam berdarah.

Gejala dari demam berdarah pada anak

Demam berdarah yang menyerang anak anda juga memiliki beberapa gejala yang bisa digunakan sebagai patokan untuk melihat apakah anak anda terserang penyakit demam berdarah atau tidak. Berikut ini beberapa gejala dari demam berdarah yang bisa menyerang anak anda;
  • Adanya bintik merah yang datang pada kulit anak anda. Jika anak anda yang terserang penyakit demam berdarah bisanya akan timbul beberapa gejala yang salah satunya akan muncul seperti bintik merah. Hal tersebut disebabkan oleh adanya pendarahan yang terjadi pada makulapopular. Namun tidak semua tanda merah pada anak anda bisa diartikan sebagai tanda dari demam berdarah. Cara untuk mengetahui bahwa bintik merah tersebut adalah tanda demam berdarah dengan cara melebarkan kulit anaka anda jika bintik merah tidak juga hilang maka tanda tersebut adalah gejala dari demam berdarah.
  • Gejala selanjutnya biasanya akan ada demam tinggi yang datang secara tiba – tiba menyerang anak anda. Biasanya demam yang terjadi secara tiba – tiba ini pada anak bisa mencapai 40 derajat celcius, untuk mengetahuinya anda harus siap sedia thermometer di rumah yang digunakan untuk memeriksa anak. Hal ini menjadi sangat penting untuk mengetahui kesehatan keluarga anda. Demam tinggi yang mendadak datang ini disebabkan adanya syndrome trias dengue. Demam karena demam berdarah ini biasanya terjadi pada hari pertama hingga hari ketiga, tetapi anda bisa memberikan penanganan untuk menurunkan demam pada anak misalnya saja menggunakan kompres atau beberapa cara yang alami. Hal ini akan sangat membantu dan menjadi hal yang sangat dibutuhkan.
  • Anak anda akan merasakan sakit pada kepala atau nyeri pada bagian kepala dan hal ini akan membuat anak anda menjadi lebih rewel. Gejala yang satu ini memang hampir sama dengan kebanyakan penyakit biasa lainnya, jadi anda harus lebih waspada lagi untuk mengetahui dengan cara melihat juga gejala yang lainnya. Gejala ini akan memiliki rasa nyeri pada bagian otot sendi, kemudian rasa sakit pada bagian belakang mata, dan juga pada tulang akan terasa nyeri. Jika sudah terkumpulkan beberapa gejala yang ada maka anda bisa memeriksakannya ke dokter agar tidak ada efek samping yang berbahaya.
  • Gejala selanjutnya pada anak demam berdarah maka akan memberikan pembesaran pada plasma. Untuk mengetahui gejala yang satu ini anda harus membawa anak anda ke rumah sakit untuk dilakukan tes darah. Demam berdarah akan menyebabkan plasma menjadi lebih besar, jika anda melakukan tes darah akan ada hasil yang munjukkan hasil. Biasanya kenaikan yang akan terjadi sekitar 20% pada sel darah namun hal itu akan ditentukan juga pada usia dan juga jenis kelamin dari anak. Bukan hanya itu, naik dan tidaknya plasma juga ditentukan oleh kekuatan daya tahan tubuh anak. Jika gejala pada anak anda sudah mencapai pembesaran plasma darah maka itu tandanya memang sudah sangat parah anda harus segera mendapatkan penanganan yang segera.
  • Jika sudah mencapai beberapa gejala yang berbahaya maka bisa juga menyebabkan gejala berbahaya selanjutnya seperti penurunan denyut nadi. Denyut nadi yang menurun pada anak ini disebabkan oleh shock yang terjadi, tidak hanya denyut nadi tetapi juga tekanan darah rendah dan juga demam yang sangat tinggi. Kemudian anda bisa melihat pada bagian telapak tangan dan kaki untuk diperiksa, biasanya akan mengeluarkan keringat dingin. Jika memang hal ini sudah terjadi sebaiknya segera bawa ke rumah sakit terdekat agar tidak semakin membahayakan nyawa anak.
Sebenarnya masih banyak gejala demam berdarah pada anak, namun ada baiknya jika sudah terlihat beberapa gejala yang ringan langsung saja dibawa ke dokter untuk mendapatkan penaganan yang secepatnya.

Fase – fase dari demam berdarah pada anak

Demam berdarah yang menyerang memberikan beberapa fase yang biasanya tidak diketahui dengan baik oleh para orang tua. Berikut ini bebreapa fase yang bisa diketahui dari demam berdarah agar bisa memberikan penanganan yang sesuai;
  1. Fase demam pada awalan

    Pada sakit pertama dan muncul beberapa gejala yang bisa dimasukkan dalam fase demam. Fase demam ini sering sekali dianggap remeh oleh banyak orang tua sebab dapat mengakibatkan beberapa gejala yang dianggap sama seperti penyakit yang lainnya, dan sering dianggap sebagai gejala ringan tanpa harus memberikan penanganan yang serius. Gejala yang dapat terlihat adalah demam yang muncul dengan mendadak bahkan panas yang diderita anak bisa mencapai 40 derajat celcius ke atas, untuk mengetahuinya anda bisa mengukurnya dengan menggunakan termometer. Kemudian akan dilanjutnya dengan gejala selanjutnya, dengan munculnya ruam pada bagian seluruh tubuh, ruam yang muncul ini akan berbentuk seperti campak. Selain itu anak anda juga merasakan rasa sakit pada kepala dan juga tenggorokan.
    Gejala seperti ini biasanya akan berlangsung selama 2 – 7 hari, dengan adanya proses inkubasi selama 4 – 7 hari dari gigitan nyamuk baru setelah itu gejala dapat muncul. Kemudian muncul gejala selanjutnya seperti tubuh akan merasa dingin dan menjadi menggil sedangkan wajah menjadi kemerahan. Gejala yang paling parah pada fase demam ini biasanya anak yang tidak nafsu makan akan mengalami muntah – muntah dan adanya pendarahan pada rongga tubuh, entah melalui hidung, mulut, atau juga pada rongga tubuh lainnya. Jika gejala yang parah seperti ini tidak dapat penanganan dan dibiarkan saja maka bisa membuat anak dalam keadaan berbahaya sebab kekurangan darah dan juga kekurangan cairan. Agar tidak ada sesuatu yang membahayakan setelahnya, jika sudah terlihat fase pertama baiknya anda langsung memeriksakannya ke dokter.
  2. Fase kritis yang membahayakan|

    Selanjutnya jika anak anda tidak menerima penanganan yang tepat ketika fase awal, maka akan masuk pada fase kritis dimana fase akan menjadi lebih berbahaya lagi. Banyak orang yang kehilagan nyawanya pada fase kritis ini, jadi memang sangat berbahaya dan harus diwaspadai. Jika daya tahan tubuh anak anda masih kuat untuk menangan fase kritis akan membuatnya berada pada fase penyembuhan yang lebih melegakan.
    Pada fase kritis anak demam berdarah akan memberikan beberapa gejala –gejala yang lebih berbahaya, dengan turunnya demam pada hari 3 – 5, namunbukan berarti tidak ada hal yang membahayakan dan tanda – tanda demam berdarah juga usai seiring dengan demam yang turun. Hal ini dikarenakan adanya penumpukkan yang terjadi pada cairan di paru – paru atau edema paru. Tidak hanya itu saja tetapi juga adanya penumpukkan cairan pada rongga perut atau yang disebut ascites sebab adanya peningkatan pada permeabilitas kapiler sehingga akan menyebabkan kebocoran pada plasma. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dikatakan aman sebab dapat menyebabkan rendahnya volume darah pada pembuluh dan juga menyebabkan shock atau tensi turun secara drastic. Bisa dikatakan bahwa kondisi ini lebih berbahaya ketimbang mimisan dan juga mual – mual yang juga masuk dalam gejala demam berdarah. Namun bukan berarti gejala mimisan dan mual dapat diabaikan diabaikan begitu saja sebab gejala ini juga bisa memicu datangnya gejala berbahaya lainnya. Ketika fase ini terjadi maka anak anda butuh penanganan dokter di rumah sakit secara intensif.Fase kritis akan menyebabkan disfungsi dari organ dan juga pendarahan yang berat di dalam tubuh. Fase kritis pada demam berdarah juga ada tanda – tanda syok yang berat, sekalipun hampir sekitar kurang dari 5% dari semua kasus demam berdarah tetapi kemunginan adanya syok bisa saja teradi apalagi pada anak yang belum pernah terjangkit penyakit ini.
  3. Fase penyembuhan yang terakhir

    Setelah mampu melewati fase krisis yang membahayakan anda akan bertemu dengan fase pemulihan dan bisa melegakan hati anda. Mengapa pada fase ini anda bisa bernafas lega? Sebab anak sudah mampu melewati fase kritis yang membahayakan yang dapat mengakibatkan kematian, bisa jadi daya tahan tubuh anak anda memang benar – benar kuat. Namun, tidak semua fase pemulihan ini harus dilalui setelah fase kritis, sebab sebenarnya dapat juga bisa didapatkan ketika mendapatkan penangan yang tepat pada fase demam dan akhirnya tidak masuk dalam fase kritis kemudian menuju ke fase penyembuhan secara langsung. Jika anak anda sudah masuk pada fase pemulihan bukan berarti anda bisa santai dan tidak terlalu memperhatikan semua perkembangan kesehatan dari anak anda yang terserang demam berdarah, tetap saja anak butuh dipantau untuk kesehatan lebih lanjut.
Gejala – gejala untuk demam berdarah pada fase penyembuhan yang terakhir ini sudah tidak terlihat. Anak memang tidak bisa sehat secara total sebab akan dampak yang ditinggalkan setelah terserang demam berdarah seperti masih terasa lemas dan juga linglung. Akan ada pergantian cairan pada aliran darah untuk penyembuhan, fase pemulihan biasanya berjalan sekitar 2 – 3 hari saja kemudian anak anda bisa sembuh dengan total secara perlahan. Efek yang diberikan pada fase penyembuhan ini anak akan mengalami beberapa gatal yang sangat parah dan juga detak jantung yang rendah, namun keduanya tidak berbahaya dan dapat ditangani dengan beberapa cara yang ringan. Tidak hanya gatal tetapi juga ruam datang, berbeda dari ruam yang datang pada fase demam, tetapi ruam yang tidak berbahaya hanya berupa bintik merah – merah berupa bercak darah dan tidak menonjol pada kulit. Selain itu, tubuh juga akan menunjukkan pengelupasan ringan yang ada pada kulit. Ada baiknya ketika anak ada pada fase pemulihan usahakan masih dalam pantuan dokter, sebab anak belum terlalu kuat dan masih merasa lemas, sekalipun nafsu makan sudah kembali pulih dan tidak merasakan adanya mual.

Cara mengobati demam berdarah ada anak dengan bahan alami

Inilah beberapa cara mengatasi demam berdarah secara alami bisa anda lakukan di rumah dengan sendiri.
  1. Menggunakan meniran untuk Demam Berdarah

    Mengobati demam berdarah pada anak dapat menggunakan beberapa bahan alami yang aman dan tidak memberikan efek samping yang buruk. Bahan alami yang digunakan juga sangat banyak, salah satunya adalah meniran. Meniran memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk meredakan demam berdarah seperti senyaa flavonoid, triterpenoid, asam fenolat, dan tannin. Meniran berperan menjadi antivirus dan bertugas untuk membunuh virus penyebab demam berdarah semakin berkembang. Demam berdarah yang terjadi pada anak dapat disembuhkan dengan menggunakan meniran yang direbusn tetapi hanya dapat digunakan untuk anak di atas 5 tahun. Untuk membuat obat demam berdarah dengan meniran anda perlu menyiapkan 10 gram meniran dan 10 gram daun pegagan, setelah itu anda dapat mencucinya sampai bersih. Dan rebus kedua campuran tersebut dalam 5 gelas air mendidih hingga menyisakan 3 gelas air. Minum secara teratur 3 kali dalam satu dengan porsi satu gelas.
  2. Menggunakan daun jambu biji untuk Demam Berdarah

    Daun jambu biji juga dapat digunakan untuk menyembuhkan demam berdarah pada anak. Daun jambu biji yang biasanya digunakan untuk mengatasi diare, ternyata dapat bermanfaat untuk mengobati demam berdarah sebab memiliki sifat antibiotic, sifat antidiare, dan beberapa kandungan bermanfaat lainnya. Menggunakan ektrak kering dari daun jambu biji selama beberapa hari dapat meningkatkan jumlah trombosit pada darah tanpa menimbulkan efek samping. Atau anda juga dapat menggunakan buah jambu biji namun jika khasiatnya memang lebih ampuh dengan daun jambu biji.
  3. Menggunakan daun dewa untuk Obat Demam Berdarah

    Obat demam berdarah yang alami selanjutnya adalah menggunakan daun dewa. Bahan alami ini sangat banyak dan mudah ditemukan. Menggunakan daun dewa hanya boleh digunakan untuk anak di atas 5 tahun. Cara untuk menggunakan daun dewa juga mudah , anda hanya perlu menyiapkan 30 gram daun dewa yang masih segar, kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 600 gram dan biarkan hingga mendidihkan dan tersisa setengahnya. Minum air rebusan daun dewa selagi masih hangat secara rutin 2 kali dala satu hari. Cara ini sangat berkhasiat untuk digunakan sebagai obat demam berdarah pada anak dan tidak memberikan efek samping berbahaya.
  4. Menggunakan daun kemangi untuk Demam Berdarah

    Selanjutnya bahan yang dapat digunakan adalah kemangi yang juga sering digunakan untuk menjadi lalapan. Daun kemangi akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga dapat membuat anak menjadi lebih kuat. Menggunakan daun kemangi akan sangat memudahkan anda sebab mudah untuk dicari, sekalipun begitu tidak semua anak suka sekali dengan daun kemangi. Cara untuk menggunakan daun kemangi sebagai obat tradisional demam berdarah yang bagus, anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai lalapan atau tambahan sayuran untuk anak anda.
  5. Menggunakan jus jeruk untuk Demam Berdarah

    Beberapa bahan yang digunakan juga bisa ditemukan dalam kehidupa sehari – hari dengan mudah. Anda bisa menggunakan jeruk nipis yang bisa digunakan untuk mengobati demam berdarah. Kandungan antioksidan dan vitaminnya akan mengatasi beberapa gejala dari demam berdarah. Menggunakan jus jeruk juga bisa anda lakukan setiap hari sebagai obat tdemam berdarah alami. Hanya saja jangan menggunakan gula sebagai tambahan tetapi anda bisa menggunakan madu asli untuk memaniskan rasanya. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Nama Obat Diare Anak Balita Di Apotik Dan Herbal Alami.
  6. Menggunakan air kelapa muda untuk Obat Demam Berdarah

    Sudah bukan rahasia lagi, bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat yang salah satunya dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah yang menyerang anak anda. Air dari kelapa muda yang enak ini akan disukai anak – anak dan dapat menjadi detoks tubuh sehingga racun akan terbuang. Menggunakan air kelapa muda sebagai bagian dari obat demam berdarah tradisional , anda butuh air kelapa muda yang asli dan juga perasan air jeruk nipis. Campurkan keduanya dan bisa dikonsumsi dua kali dalam satu hari sampai gejala demam berdarah hilang pada anak anda.
  7. Menggunakan daun pepaya untuk Demam Berdarah

    Selanjutnya cara mencegah demam berdarah anda bisa menggunakan daun pepaya untuk menjadi bahan alami yang bermanfaat mengatasi demam berdarah pada anak. Memang daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun kadar senyawa organiknya akan membantu meningkatkan trombosit dan kadar vitamin C akan membantu sebagai antioksidan. Cara untuk menggunakan daun pepaya sebagai obat demam berdarah dengue pada anak. Sebab anda bisa menggunakannya dengan cara membuatnya sebagai sayur atau sebagai lalapan makanan anak anda. Mungkin anak anda akan merasakan rasa enggan untuk makan, maka dari itu usahakan untuk memasak sampai hilang rasa pahit dalam daun kelapa.
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan oleh Nama Obat seputar demam berdarah dan cara penaganannya. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.


EmoticonEmoticon