Rabu, 12 Juli 2017

Jenis, Penyebab, Gejala Dan Obat Depresi Terselubung Tekanan Perasaan

Obat Depresi Tekanan Perasaan- kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga, tidak hanya kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan mental. Kesehatan mental juga bagian yang sangat penting untuk hidup kita semua, salah satu masalah mental yang sering sekali menyerang adalah depresi. Depresi sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi biasanya selama dua minggu atau bahkan lebih. Penyakit ini akan mempengaruhi pola pikir, kemudian perasaan, suasana hati atau yang sering disebut dengan mood dan cara menghadapi aktivitas sehari – hari. Ketika anda sedang mengalami depresi maka akan merasa sedih, berkepanjangan, putus harapan, tidak memiliki motivasi untuk beraktivitas, kemudian juga merasa kehilangan ketertarikan pada hal – hal yang biasanya menghibur dan menyalahkan diri sendiri. Jika anda sedang menglamai depresi atau suasana hari yang sedih maka bisa berlangsung juga selama berminggu – minggu atau juga berbulan – bulan.

 Jenis, Penyebab, Gejala Dan Obat Depresi Terselubung Tekanan Perasaan


Jenis, Penyebab, Gejala Dan Obat Depresi Terselubung Tekanan Perasaan
Banyak sekali orang yang sering menganggap bahwa depresi merupakan sebuah hal yang sepele sehingga bisa hilang dengan sendirinya, padahal depresi merupakan sebuah bentuk dari penyakit yang lebih dari sekedar perubahan emosi yang bersifat sementara. Depresi bukan kondisi yang dapat diubah dengan cepat atau juga secara berlangsung. Efek dari depresi pada kegiatana sehari – hari menjadi tidak menyenangkan dan tidak nyaman untuk dilakukan. Bahkan untuk mempertahankan hubungan dengan orang lain atau juga keluarga sendiri akan terasa sangat berat. Depresi sendiri bisa juga membuat hidup anda akan terasa tidak ada artinya dan tidak ada gunanya, bahkan dapat juga memicu penderita untuk melakukan bunuh diri.

Penyebab datangnya depresi pada diri seseorang

Tidak hanya gangguan kesehatan fisik saja yang memberikan penyebab, bahkan ganggun kesehatan mental juga memberikan penyebab. Penyebab spesifik dari gangguan depresi sendiri belum diketahui secara pasti dan faktor pemicu munculnya depresi juga bisa berubah – berubah. Kombinasi beberapa faktor penyebab mengakibatkan munculnya gangguan depresi seperti; genetic, biologis, lingkungan, dan juga faktor psikologis seseorang. Sebab depresi biasanya tidak hanya dikarenakan oleh satu kejadian saja. Depresi bisa terjadi pada seseorang dengan usia berapapun, tetapi yang paling sering tersering depresi ini pada usia dewasa ke atas. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan adanya depresi pada diri seseorang;
  • Kejadian yang menimbulkan trauma
    Banyak kejadian yang bisa saja mengakibatkan depresi, terkadang orang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menerima kejadian yang menimbulkan trauma. Jika memang tidak bisa menerimanya orang akan lebih beresiko untuk mengalami depresi. Misalnya beberapa contoh kejadian yang bisa menyebabkan depresi dan trauma seperti; adanya penyiksaan atau pelecehan, kemudian kematian seseorang yang dikasihi, kesepian akibat dari isolasi, masalah dalam adanya hubungan, dan juga kesulitan masalah ekonomi.
  • Penyakit yang serius
    Beberapa orang juga bisa menderita depresi dikarenakan muncul secara bersamaan atau sebagai reaksi dari penyakit yang serius. Beberapa penyakit yang kronis dan mengancam nyawa bisa juga meningkatkan resiko terjadinya depresi. Misalnya beberapa penyakit yang bisa meningkatkan depresi; penyakit HIV/AIDS, kemudian penyakit jantung koroner, diabetes, dan juga kanker.
  • Kepribadian seseorang
    Selanjutnya yang bisa menjadi fakor pemicu dari depresi adalah kepribadian yang dimiliki seseorang. Beberapa orang yang merasa rendah diri, kemudian terlalu keras dalam memberikan penilaian pada diri sendiri, dan juga seseorang yang ketergantungan pada orang lain bisa saja berakibat munculnya depresi. Kepribadian seperti ini biasanya akan diturunkan dari orang tua dan pengalaman yang dialami, atau bisa juga karena cara asuh orang tua yang berperan pada kepribadian seseorang.
  • Faktor keturunan
    Riwayat kesehatan keluarga akan menjadi hal yang juga menentukan seseorang akan mudah terserang depresi atau tidak. Ada beberapa keluarga yang memiliki sejarah dari depresi, kemudian adanya gangguan bipolar, ada juga seseorang dengan kecanduan alcohol, dan juga kecenderungan untuk bunuh diri dan bisa meningkatkan resiko seseorang yang mengalami depresi.
  • Pasca melahirkan
    Siapa yang menyangka bahwa pasca melahirkan seseorang juga bisa terserang depresi. Hal ini dikarenakan perubahan hormone dan juga fisik pada wanita pasca melahirkan dan juga pola pikir yang dimilki oleh wanita tersebut. Ditambah lagi, penambahan tanggung jawab serta juga kehidupan baru sebab adanya sang bayi yang juga meningkatkan resiko terjadi depresi pasca dari melahirkan.
  • Konsumsi minuman keras dan narkoba
    Minuman keras dan narkoba menjadi dua tempat yang sering didatangi ketika seseorang akan lari dari masalahnya. Padahal, minuman keras dan narkoba bisa jadi faktor pemicu paling kuat mengapa sesorang tersebut mengalami depresi yang alami.
  • Efek obat- obatan tertentu
    Menggunakan obat – obatan untuk membantu memulihkan kesehatan anda memang menjadi hal yang baik dan harus dilakukan. Namun beberapa jenis obat bisa memberikan efek samping depresi. Misalnya saja pada obat tidur, kemudian obat untuk hipertensi, ada obat untuk mengatasi jerawat, dan juga obat untuk kortikosteroid. Untuk itu, anda harus menanyakan kepada dokter tentang efek samping obat – obatan yang akan anda gunakan.

Gejala yang timbul ketika depresi menyerang

Ketika seseorang mengalami depresi memang akan memberikan beberapa gejala yang akan dialami, entah gejala dari sisi psikologis atau juga secara fisik. Merasa sedih dengan depresi memang hampir mirip, bahkan beberapa gejalanya juga hampir sama. Namun kesedihan sendiri merupakan reaksi yang alami dan normal dari manusia ketika kehilang seseuatu atau juga sedang mengalami masa – masa yang kurang menyenangkan. Reaksi dari perasaan sedih yang sangat normal bisa membaik seiring waktu, tetapi pada masalah depresi penderita akan merasa sedih secara berkelanjutan atau bahkan juga memburuk. Selain rasa sedih yang berkelanjutan, penderita depresi juga akan merasa putus asa dan tidak bisa berpikir dengan tentang dan positif tentang masa depan. Depresi tekanan batin juga akan memberikan dampak pada produktivitas penderitanya, kemudian hubungan sosial penderitanya dengan beberapa orang terdekatnya.
Tidak hanya itu, penderita juga akan merasa kesulitan jika diajak dalam bekerja sama atau tidak mampu untuk bekerja dengan baik. Mereka akan memilih untuk mengasingkan diri bahkan juga mengasingkan diri sepenuhnya secara total. Bahkan depresi juga bisa membuat seseorang tidak dapat menikmati hobi bahkan juga kegiatan yang sebelumnya disukai keluarga dan orang – orang yang terdekat akan lebih dipilih untuk dijauhi.
Berikut ini beberapa gejala psikologis yang bisa dialami ketika terserang depresi;
  • Biasanya pasien akan merasa terbebani atau sering merasa bersalah.
  • Pasien akan merasa putus asa dan seperti tidak memiliki harapan yang baik untuk masa depannya.
  • Pasien akan merasakan kecemasan yang datang setiap saat.
  • Suasana hati yang buruk atau merasa sedih juga akan sering dirasakan oleh pasien penderita depresi.
  • Pasien menjadi lebih senitif, mudah sekali untuk marah, dan juga mudah untuk menangis.
  • Pasien memiliki rasa khawatir yang terlalu berlebihan, entah pada diri sendiri atau juga orang lain.
  • Ada perasaan sangat rendah diri yang dimiliki oleh pasien.
  • Pasien akan merasakan sulit jika diminta untuk mengambil keputusan.
  • Pasien memiliki pemikiran yang sangat lambat.
  • Tidak ada motiviasi hidup yang dimiliki oleh pasien, bahkan pasien akan tidak pedulit dengan apa yang sedang terjadi pada lingkungannya dan memiliki keinginan untuk mengakhiri hidupnya.
Ada juga gejala fisik yang datang ketika seseorang sedang terserang penyakit depresi;
  • Biasanya pasien akan measakan rasa kelelahan sekalipun tidak mengerjakan aktivitas yang terlalu berat.
  • Pasien akan merasakan rasa nyeri tanpa ada alasan atau penyakit pada fisik yang jelas.
  • Adanya perubahan siklus menstruasi pada wanita yang menjadi tidak normal.
  • Adanya gangguan pada pola tidur seseorang.
  • Merasakan konstipasi.
  • Pasien akan merasakan pergerakan tubuh dan cara bicara yang lebih lambat dari biasanya.
  • Tidak adanya gairah seksual pada pasien.
  • Pasien juga akan sulit untuk berkonsentrasi dan juga susah untuk mengingat dengan baik.
  • Kehilangan selera makan dan juga berat badan yang menjadi semakin turun.
  • Memang tidak semua gejala akan dirasakan setiap penderita depresi, namun kebanyakan memang akan merasakan hal tersebut.

Jenis – jenis depresi yang sering menyerang

Menurut dari The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders depresi memiliki dua kategori yang utama, ada yang gangguan depresi mayor dan juga ada yang dysthymia dan juga pengelompokan lainnya dan merupakan jenis depresi yang kurang umum terjadi. Berikut ini ada beberapa jenis – jenis depresi dengan beberapa gejala yang mengikuti;
  • Gangguan depresi mayor
    Gangguan depresi mayor biasanya akan sering merasakan rasa sedih yang selalu datang, tidak hanya itu pasien juga akan merasa kosong, dan juga putus asa selama dua minggu. Depresi dari jenis ini merupakan penyakit yang serius dan dapat mempengaruhi kesehatan dan juga kesejahteraan pasien tersebut. Gejala yang mengikuti bisa berupa; tidak dapat menikmati kegiatan yang dulu pernah disukai sebelumnya, kemudian ada kendala pada nafsu makan, sulit untuk tidur, sulit untuk berhubungan dengan orang lain, dan juga sulit untuk bekerja.
  • Menggunakan depresi atipikal
    Selanjutnya ada depresi atipikal yang sering sekai terjadi ketika seseorang mengalami reaktivitas suasana hati. Suasana hati anda bisasanya akan bisa berubah dengan sangat cepat. Beberapa ahli kesehatan mental percaya bahwa jenis depresi ini mungkin bisa dikatakan sebagai bentuk ringan dari ganggaun bipolar yang dikenal dengan sebutan cyclothymia. Depresi atipikal seringakali muncul disaat awal dan masa remaja bahkan bisa juga berlanjut pada usia dewasa. Gejala yang diberikan biasanya dapat berupa; kenaikan berat badan yang terjadi sangat signifikan, kemudian adanya peningkatkan pada nafsu makan, ada kebiasaan tidur yang berlebihan, ada rasa berat pada lengan dan kaki, dan juga kepekaan terhadap penolakan.
  • Depresi peripartum
    Depresi yang selanjutnya ada peripartum yang termasuk dalam jenis depresi yang sering terjadi ketika masa kehamilan atau pasca melahirkan selama empat minggu pertama. Diperkirakan ada sekitar 3% - 6% wanita akan mengalami depresi tersebut selama masa kehamilan atau ketika dalam periode postpartum. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sekitar 50% depresi ini juga akan terjadi ketika wanita melahirkan. Wanita dengan gangguan depresi ini akan menerima beberapa gejala berupa; sering merasa cemas, kemudian ada juga serangan rasa panik, ada juga rasa kehilangan nafsu makan, tidak bisa tidur dengan tenang dan nyenyak, merasa tidak berharga, sering gelisah, paranoia, dan juga bisa memiliki fitur psikotik sekalipun tidak semuanya.
  • Depresi melankolis
    Selanjutnya depresi melankolis merupakan salah satu bentuk dari depresi mayor yang paling besar dan banyak sekali orang yang mengidapnya. Ada indicator utama mengapa depresi sering sekali menyerang dan rasa sedih yang berlarut – larut. Gejala yang diberikan oleh depresi melankolis ini berupa; hilangnya rasa senang pada beberapa kegiatan, kemudian tidak ada rekasi terhadap hal – hal baik dan menyenangkan yang sedang terjadi, ada agitasi psikomotr misalya seperti mondar – mandir dan meremas – meremas tangannya sendiri, sering merasa salah, sering insomnia, dan juga peningkatan depresi di pagi hari.
  • Depresi katatonia
    Seperti yang lainnya, depresi merupakan penyakit yang menyerang perasaan dan cara berfikir sehingga akan membuat kesehatan fisik juga terpengaruh. Dari beberapa penyakit depresi, selanjutnya anda bisa terserang depresi katatonia dimana orang akan memiliki depresi yang biasanya mengalami gangguan dari psikomotr yang parah. Gejala yang diberikan adanya ketidakmampuan untuk brgerak yang pada sesuatu yang terjadi sangat tiba – tiba, atau adanya gerakan dengan jumlah yang berlebihan tetapi tidak memiliki tujuan yang pasti atau tertentu.
  • Depresi dysthymia
    Dan yang terakhir ada jenis depresi dysthymia yang sering kali memiliki beberapa gejala yang lebih ringan daripada depresi mayor yang menyerang. Tidak hanya itu, depresi dysthymia ini dapat berlangsung lebih lama daripada depresi mayor. Kondisi ini biasanya ditandai dengan perasaan derpesi yang terjadi disebagian besar hidup orang lain, setidaknya terjadi dalam kurun waktu dua tahun dan disertai dengan beberapa gejala seperti berikut ini; tingkat kepercayaan diri yang semakin rendah, kemudian sering merasa putus asa, konstrasi yang kurang baik, nafsu makan yang menjadi buruk, bisa juga tiba – tiba makan berlebihan, kemudian insomnia, terkadang menjadi tidur berlebihan, dan keruan yang besar.

Jenis Obat Tekanan Perasaan yang bisa digunakan untuk depresi di apotik

Obat depresi juga bisa digunakan untuk mengatasi depresi, namun depresi bukan obat yang mudah di digunakan dan mudah didpatkan, sebab anda harus menggunakan resep dokter untuk menggunakannya. Berikut ini beberapa obat depress perasaan yang dapat anda gunakan di apotik;
  1. Obat dengan golongan penghambatan pelepasan selektif serotonin

    Beberapa obat apotik depresi yang dapat digunakan bisa jadi golongan depresi ini menjadi lebih sedikit efek sampingnya, ada beberapa jenis obatnya seperti Citalopram, Fluoxetine, Fluvoxamine, Paraxotine, dan juga Sertraline. Efek samping yang diberikan dari obat ini dapat berupa kecemasan, insomnia, masalah pada seksual, sakit pada kepala, dan juga mulut menjadi kering. Untuk menggunakannya ada baiknya dengan resep dokter agar lebih aman dan tidak memberikan efek samping berbahaya lainnya. Efek samping yang terjadi dua minggu pertama dengan melakukan adanya pengobatan, mungkin juga akan bertambah sakit dan perasaan lebih cemas dari biasanya. Beberapa jenis obat depresi tanpa resep dokter ini juga mungkin aka memberikan gangguan sistem pencernaan dan yang lebih fatal lagi dapat juga mempengaruhi fungsi seksual.
  2. Obat dengan golongan trisiklik

    Ada beberapa jenis golongan trisiklik ini seperti Amitriptyline, ada Imipramine, Nortriptyline, dan juga Clomitramine. Semua yang sudah disebutkan termasuk dalam jenis obat depresi yang memberikan efek samping berupa mulut menjadi terasa kering, kemudian adanya tremr ringan, jantung menjadi lebih cepat, adanya konstipasi, mengantuk, dan juga pertamabahan dari berat badan. Gunakan obat depresi ini sesuai dengan resep dari dokter agar tidak memberikan efek samping yang kurang baik.
  3. Obat dengan golongan penghambatan pelepasan serotonin dan norepineprin

    Obat dalam golongan ini biasanya sering memiliki efek samping seperti golongan dari obat jenis penghambatan pelepasan selektif serotonin, hanya saja venlafaxinee tidak bisa disarankan untuk penderita yang memiliki penyakit jantung, kemudian menderita tekanan darah tinggi, dan mereka yang juga memiliki kadar garam yang terlalu tinggi di dalam darah. Jenis obat depresi yang ada di dalam golongan ini bisa dikonsumsi dengan resep dokter atau dokter kejiwaan yang sudah berpengalaman.
  4. Golongan penghambat monoamine oksidase Moclobemide

    Selanjutnya obat depresi yang dapat anda gunakan adalah golongan yang sudah jarang diresepkan, yaitu golonga penghambat monoamine oksidase Moclobemide. Golongan ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya jika anda makan makanan yang mengandung Tyramine. Jika anda memang setuju untuk meminum obat depresi yang dijual bebas dengan golongan ini maka biasanya dokter akan memberikan daftar makanan yang harus anda hindari untuk menghindari efek samping yang kurang baik.

Obat depresi menggunakan cara alami

Cara Mengatasi depresi juga bisa menggunakan bebreapa cara yang alami seperti berikut ini;
  1. Melakukan olahraga
    Memberikan obat trapi depresi alami tidak harus menggunakan obat dari resep dokter, anda juga bisa mengobati depresi dengan beberapa aktvitas sehari – hari yang menyehatkan, misalnya saja melakukan olahraga. Lakukan olahraga setiap pagi hari, maka akan membantu anda untuk menghilangkan masalah depresi. Olahraga akan membantu sebab sinar matahari akan berguna sangat baik, selain itu anda akan merasa menjadi segar dan bugar.
  2. Jangan paranoid
    Kebanyak depresi datang dikarenakan paranaoid yang sering dialami, salah satu obat depresi berat tradisonal yang alami di gunakan adalah hindari berfikiran paranoid. Jangan sering berfikir tentang kemungkina terburuk, sebab hal tersebut akan membuat anda merasa cemas dan semakin ciut untuk memiliki keberanian. Belajarlah untuk ikhas dan siap menghadapi apapun.
  3. Fokus pada hal yang positif
    Cara mengobati depresi tanpa obat apotik selanjutnya dapat dengan cara memfokuska pada banyak hal yang positif di dalam hidup anda. Berhenti untuk memikirkan omongan orang, sebab semua orang pasti memiliki kekurangan namun juga punya kekuaan untuk melampauinya dengan kelebihan, dan juga berpikiran negative hanya akan membua anda merasa sakit. Itulah obat-obat depresi tradisional berat.Sekian cara menghilangkan depresi secara alami dengan cepat yang bisa anda lakukan. Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Nama Obat Gatal Pada Kulit Di Apotik Karena Jamur Dan Harganya.

Cara mencegah agar tidak terserang depresi

Bila anda sudah melakukan cara menyembuhkan depresi pada diri sendiri maka cegahlah hal-hal demikian ini agar tidak datang lagi.
  • Tingkatkan self awereness
    Self Awereness atau yang sering disebut dengan kesadaran diri yang merupakan kondisi dimana tiap individu mampu untuk menyadari diri sendiri, termasuk di dalamnya. Pandangan tentang diri sendiri, kebaikan atau keburukan, serta berbagai macam kondisi yang bisa menyangkut dirinya, salah satu bagiannya adalah stress.
  • Hindari stress
    Selanjutnya, jika anda ingin terhindar dari depresi maka anda juga harus menghindari stress yang menyerang. Stress bisa dikatakan sebagai pintu masuk dari depresi yang datang menyerang seseorang. Ketika anda sudah merasakan adanya kejadian yang bisa menyebabkan anda merasa stress, maka sebisa mungkin jangan terlibat terlalu jauh. Jika stress dapat dihindari dengan baik maka anda juga bisa memiliki kesempatan yang besar untuk terhindar dari datangnya penyakit depresi yang menyerang anda.
Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan seputar depresi dan dan obat penenang sebagai penanganannya dari Nama Obat . Semoga bermanfaat dan semoa selalu dalam lindungan Allah SWT.


EmoticonEmoticon