Minggu, 16 Juli 2017

7 Gejala Dan Obat Enzim Pencernaan Pada Lambung Anak Yang Aman

Obat Enzim Pencernaan anak dan dewasa- enzim merupakan substansi pada bagian perut dan juga sistem pencernaan yang akan memecah makanan. Misalnya saja, pepsin yang merupaan enzim yang ada di lambung memiliki manfaat untuk memecahkan protein, kemudian ada lipase yang akan memecah karbohidrat, dan masih banyak enzim yang ada di dalam tubuh dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ternyata ada juga gangguan yang datang pada enzim dan yang sering datang adalah gangguan pada enzim lambung. Hal ini juga kurang baik untuk kesehatan anda, sebab dapat menyebabkan masalah kesehatan lambung pada tubuh anda.

Macam – macam jenis enzim yang ada pada lambung

Pada saluran pencernaan memang ada beberapa jenis enzim yang memiliki tugas berbeda – beda. Di dalam lambung sendiri ada empat macam enzim yang dapat digunakan untuk menimbulkan reaksi kimia. Berikut ini beberapa enzim yang ada di dalam lambung dan juga fungsinya;
  • Asam lambung atau HCl
    Enzim yang ada di dalam lambung pertama adalah asam lambung sendiri atau yang sering dituliskan menjadi HCl, merupakan zat kimia yang dapat berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan yang sudah dimakan. Selain itu, asam lambung juga akan membantu kerja enzim pepsin yang akan mengubah protein.
  • Enzim pepsin
    Selanjutnya, di dalam lambung juga memiliki enzim pepsin. Enzim pepsin sendiri merupakan enzim yang memiliki fungsi untuk mengubah protein agar menjadi pepton, kemudian menjadi polipeptida, dan juga proteosa. Masing – masing dibutuhkan oleh tubuh.
  • Enzim lipase gastric
    Enzim yang ada di dalam lambung memang ada empat macam, tetapi masing – masing memiliki tugas dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya, ada enzim lipase gastric yang merupakan enzim dengan fungsi untuk mengubah trigilserida untuk menjadi asam lemak.
  • Enzim renin
    Enzim yang terakhir ada enzim renin pada lambung. Enzim renin sendiri memiliki tugas untuk mengubah kaseinogen agar menjadi kasein pada tubuh, enzim renin juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. demikian tentang enzim pencernaan dan fungsinya.
Gejala Dan Obat Enzim Pencernaan Pada Lambung Anak Yang Aman

Penyebab dari datangnya gangguan enzim pada lambung

Gangguan enzim pencernaan memang bisa timbul pada siapa saja, entah itu pada anak – anak atau pada orang tua, jika pada orang dewasa biasanya dikarenakan oleh pola diet yang tidak seimbang. Sedangkan pada anak – anak akan terjadi ketika nafsu makan anak tidak berjalan dengan baik atau memiliki beberapa masalah dengan pencernaannya. Biasanya gangguan enzim pencernaan akan terjadi saat enzim yang normal bisa diproduksi oleh kelenjar organ di dalam tubuh dan memiliki jumlah yang lebih sedikit atau kurang dari makanan yang harusnya dicerna. Enzim pencernaan akan berfungsi untuk merubah makanan yang sudah dikonsumsi agar menjadi bentuk yang jauh lebih sederhana dan bisa diserap oleh tubuh dan sel tubuh sehingga kebutuhan energi tubuh dan metabolisme organ lain dapat dipenuhi. Jika memang tubuh seseorang kekurangan enzim pencernaan maka akan menimbulkan adanya gangguan kesehatan. Faktor yang bisa menjadi penyebab dari gangguan enzim pencernaan pada anak biasanya berupa;
  • Adanya malnutiris atau keadaan dimana tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang baik dan sesuai.
  • Bisa juga karena adanya penyakit celiac yang menyerang anak anda.
  • Bisa juga karena kebiasaan memakan makanan junkfood yang tidak baik untuk kesehatan tubuh sebab tidak ada nutrisi dan gizi yang bisa didapatkan.
  • Atau bahkan bisa juga karena beberapa penyakit yang berbahaya seperti liver, dan beberapa penyakit lambung lainnya.

Gejala gangguan enzim pencernaan lambung pada anak

Sebenarnya untuk memebedakan antara gejala dari gangguan enzim pencernaan lambung dan juga sakit lambung akan terlihat sangat sulit sebab gejala yang diberikan bisa hampir sama. Hal ini dikarenakan lambung tidak bisa dengan maksimal memproses makanan dengan baik kemudian akan ada masalah yang akan dihadapi oleh lambung. Jika dinding pada lambung mengalami iritasi atau peradangan akibat dari enzim pencernaan yang tidak bisa bekerja dengan baik maka akan ada iritasi pada lambugn dan menjadi lambung terasa sakit. Berikut ini gejala yang biasanya datang karena enzim lambung kurang bisa bekerja dengan baik;
  1. Sering sendawa, padahal sudah makan dan minum sesuai dengan porsi juga bisa menjadi salah satu gejala pemula bagi gangguan enzim pada lambung.
  2. Kemudian timbul rasa mual dan ingin muntah secara tiba – tiba.
  3. Akan sering sekali merasakan lelah sebab enzim tidak dapat mencerna nutrisi pada makanan dengan baik juga.
  4. Kemudian lebih sering merasakan kram pada perut.
  5. Nafsu makan akan mulai berkurang, dan lama – lama akan sering merasa kenyang dengan sendirinya.
  6. Kemudian ada rasa nyeri pada perut setelah makan.

Obat yang bisa diberikan untuk gangguan enzim pada pencernaan lambung anak

Mengatasi gangguan enzim pencernaan yang terjadi pada anak anda memang tidak bisa semudah itu, anda harus memeriksakannya pada dokter agar mengetahui keadaan anak anda dan apa yang harus dilakukan. Memang ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan enzim pencernaan, namun tidak bisa seenaknya digunakan pada anak anda sebab dapat menyebabkan efek samping yang kurang baik. Berikut ini beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan enzim pada anak anda;
  1. Menggunakan Cisapride

    Obat yang bisa digunakan sebagai resep alami untuk obat enzim pencernaan pada anak yang pertama adalah Cisapride. Obat ini merupakan obat yang bisa digunakan untuk meningkatkan pergerakan atau kontraksi dari bagian lambung dan juga bagian usus. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati beberapa gejala seperti kembung yang akan membuat kembalinya asam lambung menuju esophagus. Obat ini dapat ditemukan di apotik terdekat, namun ada baiknya jika anda menggunakan obat ini sesuai dengan resep dari dokter agar tidak ada efek samping yang berbahaya.
  2. Menggunakan Dimethicone dan derivatnya

    Selanjutnya anda juga bisa menggunakan dimethicone dan derivatnya. Demethicone sendiri memiliki nama lain yaitu dimethylpolysiloxane, dan derivatnya adalah simethicone yang akan menjadikan campuran pada polydiethylpolysiloxane. Obat ini merupaka obat antifoaming yang akan digunakan untuk mengurangi kembung, kemudian rasa tidak nyaman, dan juga sakit yang diakibatkan kelebihan gas pada saluran cerna dan juga usus. Cara kerja dari obat ini dengan menurunkan tegangan pada permukaan dari gas sehingga akan ada buih yang ada di dalam pencernaan dan membuat bentuk gelembung yang besar dan akan membuat lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Bentuk obat ini berupa tablet, kemudian ada kapsul dan juga cairan suspense. Obat ini tidak akan diserap oleh tubuh untuk menuju ke aliran darah, sehingga akan aman digunakan.
    Karena memang obat yang terbuat dari bahan kimia, tentu saja ada efek samping yang akan datang jika tidak digunakan dengan benar. Efek samping yang diberikan dapat berupa konstipasi, kemudian diare, dan juga nyeri perut. Jika memang akan digunakan untuk anak anda, sebaiknya harus sesuai dengan resep dari dokter agar tidak ada efek samping yang berbahaya pada anak anda.
  3. Menggunakan Clebopride

    Selanjutnya ada juga obat dengan nama Clebopride, obat ini dapat digunakan sebagai obat penambah enzim pencernaan yang dapat ditemukan dengan mudah di apotik terdekat. Obat ini diindikasikan untuk mengatasi mual dan jua muntah yang disebabkan oleh berbagai hal, entah itu dikarenakan efek samping dari obat yang digunakan atau karena memang adanya gangguan enzim atau juga penyakit yang menyerang tubuh. Menggunakan obat ini harus sesuai dengan resep dokter.
  4. Menggunaan Metoclopramide

    Metoclopramide adalah obat selanjutya yang biasa anda gunakan untuk mengatasi gangguan enzim pada lambung. Obat ini merupakan bagian dari benzamida yang sudah tersubstitusi dan akan membantu untuk merangsang motilitas dari saluran pencernaan makanan atau tanpa mempengaruhi adanya sekresi lambung, kemudian empedu, atau bahkan juga pancreas. Metoclropramide mempunyai aktivitas parasimpatomimetik dan mempunyai aktivitas parasimpatomimetik dan mempunyai sifat untuk antagonis reseptor dopamine dengan efek langsung pada kemoresptor atau trigger zone. Metoclopramide memungkinkan juga bisa mempunyai sifat antagonis dari reseptor serotonin. Menggunakan obat Metocloprimide untuk anak sesuai dengan resep dokter.
  5. Menggunakan Domperidone

    Selanjutnya anda dapat menggunakan Domperidone yang merupakan antagonis dari dopamine dan mempunyai krja antiemetic prokinetik, dengan memberikan efek seperti metoclopramide. Karena memang tidak menembus aliran pada darah, maka reakasi dari ekstrapiramidial akan jarang sekali terjadi. Pemberikan peroral domperidone akan menambah lamanya kontraksi antral dan juga duodenum, dan juga membantu untuk meningkatkan pengosongan lambung dan menekankan pada esophagus sprinkter. Untuk membantu mengatasi gangguan enzim pada anak anda dengan cepat maka ada baiknya anda untuk mengatasinya dengan obat yang diberikan oleh dokter. Hal ini akan semakin memberikan rasa aman pada anak anda.

Cara mengatasi gangguan enzim dengan menggunakan cara dan bahan alami

Selain menggunakan beberapa bahan yang terbuat dari bahan kimia, anda bisa juga menggunakan cara dan beberapa bahan yang alami untuk mengatasi gangguan enzim pada anak anda. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gangguan enzim pada pencernaan anak;
  • Berikan makanan dengan karbohidrat simplek yagn akan mudah untuk dicerna, misalnya saja seperti; edamame, kemudian beras merah dengan porsi yang kecil tetapi sering dilakukan.
  • Hindari beberapa makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi, salah satu contohnya seperti gorengan.
  • Hindari makanan dengan kadar gula yang tinggi, misalnya seperti sofdrink, kue, dan juga beberapa makanan yang lainnya,
  • Perbanyaklah untuk memakan buah.
  • Minum air putih yang cukup.
  • Dan juga hindari makanan yang memiliki kadar gas yang tinggi seperti jahe.
Selain menggunakan beberapa cara penerapan untuk mengatasi gangguan enzim pada lambung. Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami yang sangat aman digunakan untuk mengatasi gangguan pada enzim dan aman digunakan untuk anak – anak, hanya saja untuk menggunakannya anda harus sesuai dengan kebutuhan dan juga cara yang memang diberikan agar tidak ada efek samping yang kurang baik untuk anak anda. Berikut ini beberapa bahan alami tersebut;
  1. Menggunakan biji adas untuk Enzim Pencernaan

    Banyak sekali bahan alami yang sebenarnya dapat digunakan untuk cara meningkatkan enzim pencernaan pada anak dan anda yang sudah dewasa. Bahan alami pertama yang dapat digunakan adalah biji adas, mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing lagi dengan biji adas. Tanaman adas sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah atu bahan atau obat tradisional yang memberikan banyak manfaatnya. Di dalam kandungan biji adas ada vitamin C, kemudian vitamin E, ada minyak atsiri, Anetol, vitamin B6, kemudian Dipenten, metal, dan masih banyak kandungan bermanfaat lainnya. Biji adas akan membantu anda untuk memulihkan enzim anak anda agar menjadi normal kembali. Menggunakan biji adas juga bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang aman sebab tidak memberikan efek samping yang kurang baik.
    Cara untuk menggunakan biji adas sebagai resep obat enzim pencernaan yang Aman. Pertama, anda bisa menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan agar tidak semakin menyusahkan anda. Sediakan biji adas secukupnya, air secukupnya dan juga madu asli tanpa bahan pengawet atau juga pemanis buatan. Setalah itu, anda bisa mencuci buah adas sampai benar – benar bersih. Jika sudah, maka anda bisa merbusnya dengan air yang sudah disediakan tadi. Tunggu sampai mendidih dan air berubah hingga menjadi setengah takaran, setelah itu angkat dan saring. Berikan tambahan madu asli sebanyak dua sendok teh saja, aduk sampai rata dan biarkan anak anda mengkonsumsi minuman tersebut. Gunakan cara ini satu kali dalam satu hari, sampai beberapa gejala dari gangguan enzim benar – benar hilang.
  2. Menggunakan bubuk jintan untuk Enzim Pencernaan

    Selanjutnya anda dapat menggunakan bubuk jintan sebagai bahan alami untuk mengatasi gangguan enzim pada saluran pencernaan anak anda. Sudah bukan rahasia lagi bahwa jintan memang dapat digunakan untuk mengatasi banyak sekali masalah yang ada di dalam tubuh. Kandungan yang dimiliki jintan berupa; energy, karbohidrat, kemudian protein, lemak total, ada juga serat, folat, dan masih banyak yang lainnya akan sangat membantu. Menggunakan jintan tidak akan memberikan efek samping yang kurang baik untuk anak anda.
    Cara untuk menggunakan bubuk jintan sebagai herbal obat enzim pencernaan di lambung  yang ampuh. Untuk membantu mempercepat dan memudahkan anda harus menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan. Sediakan, bubuk jinten yang sudah jadi, kemudian madu asli dua sendok makan, dan juga air secukupnya. Kemudian anda bisa mencampurkan bubuk jintan dengan air untuk direbus. Tunggu sampai mendidih dan anda bisa mengangkatnya, masukkan ke dalam satu gelas saja kemudian berikan madu dan aduk sampai benar – benar rata. Anda bisa memberikannya pada anak anda, gunakan satu hari satu kali saja sampai anak anda tidak merasakan rasa sakit pada perut dan tidak menerima beberapa gejala gangguan enzim pada pencernaan.
  3. Menggunakan ketumbar untuk Enzim Pencernaan

    Ketumbar adalah bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk cara mengaktifkan enzim pencernaan yakni agar normal kembali. Ketumbar sendiri sangat mudah ditemukan di dalam kehidupan sehari – hari sebab ketumbar menjadi salah satu bahan masakan yang membantu untuk menyedapkan masakan. Menggunakan ketumbar akan sangat membantu anda untuk mengatasi gangguan enzim pencernaan pada anak sebab ketumbar memiliki banyak kandungan yang baik untuk pencernaan dan tubuh. Ketumbar memiliki kandungan energy, protein, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, dan masih banyak kandungan lainnya. Menggunakan ketumbar akan untuk anak anda tidak akan memberikan efek samping yang buruk dan dapat membantu dengan cepat.
    Untuk menggunakan ketumbar sebagai salah satu dari obat kekurangan enzim pencernaan yang alami sangatlah mudah. Pertama, anda bisa menyediakan beberapa bahan yang dibutuhkan. Anda bisa menyediakan ketumbar secukupnya dan bisa anda olah menjadi bahan masakan atau makanan yang sehat. Atau anda juga bisa menggunakannya sebagai minuman dengan cara menumbuk ketumbar dan merebusnya dengan menggunakan air. Tunggu air sampai mendidih, angkat dan saring kemudian anda bisa mencampurkannya dengan madu. Gunakan untuk diminum anak anda, satu hari satu kali saja. Mungkin rasanya akan terasa aneh sebab ketumbar memiliki kandungan minyak yang tinggi tetapi hal tersebut akan sangat membantu anda untuk mengatasi gangguan enzim pada saluran pencernaan anak.Baca lagi artikel review Nama obat lainnya: Obat Eksim Basah Dan Kering Menahun Tradisional Yang Manjur.

Efek dari gangguan enzim pada pencernaan

Enzim memiliki peranan yang sangat besar pada tubuh, jika tidak ada enzim di dalam tubuh maka bisa menyebabkan beberapa resiko datangnya penyakit yang jauh lebih parah. Berikut ini beberapa efek samping dari gangguan enzim pada tubuh;
  • Adanya gangguan metabolic
    Beberapa orang yang memiliki gangguan metabolik dan bersifat keturunan pada umumnya akan memiliki kelainan pada gennya yang akan menyebabkan tubuh menjadi kekurangan enzim, salah satunya adalah enzim pencernaan. Pada sebagian besar kasus yang terjadi, tubuh akan mengalami kekurangan dalam produksi salah satu enzim pendukung. Akibatkan adakan ada proses pencernaan dalam metabolism yang tidak bisa berjalan dengan normal. Akan ada dua kemungkinan kondisi yang dapat terjadi, ketika zat yang bersifat toksik bagi tubuh atau menumpuk atau zat esensial bagi tubuh tidak dapat dibentuk sebab tidak cukup atau tidak adanya enzim terntentu.
  • Menderita penyakit gaucher
    Selanjutnya adanya penyakit gaucher, dimana ditandai dengan tidak mampunya tubuh dalam memecah lemak sehingga terjadi adanya penumpukan pada organ hati, kemudian sum – sum tulang belakang, dan juga limpa. Sekalipun begitu, bisa saja ditangani dengan menggunakan terpai penggantian hormone. Kondisi ini dapat menyeabkan adanya kerusakan pada tulang, atau juga adanya rasa nyeri yang hebat. Bahkan adanya kematian.
  • Adanya gangguan pancreas kronis
    Gangguan enzim jangan selalu dianggap remeh, sebab bisa juga menyebabkan beberapa masalah yang cukup serius dalam tubuh. Selanjutnya bisa juga mengahsilkan gangguan pada pancreas. Pankreas akan mengahasilkan enzim pencernaan yang akan membantu untuk memecah makanan dan menjadi molekul yang kecil dan dapat diserap oleh tubuh. Tetapi, gangguan kronis pada pancreas dapat menyebabkan proses ini tidak dapat berjalan dengan normal. Menurut pernyataan seseronga dokter, ketika seseorang pengidap eksokrin pancreas akan mengalami kondisi kelainan yang mana lemak, kemudian karbohidrat, dan juga protein tidak dapat dipecah sehingga akan menyebabkan adanya gejala diare, dan juga penurunan dari berat badan. Pengidap juga akan dihadapkan pada kemungkinan mengalami malgizi akibat dari terhambatnya penyrapan nutrisi.
    Selain beberapa penyakit di atasm tentu saja masih banyak sekali kondisi yang kurang baik akibat dari gangguan enzim pencernaan yang ternyata juga berbahaya bagi kesehatan. Beberapa penyakit seperti; kanker, kemudian pancreas, cystic fibrosis, dan juga gangguan pemulihan pascaoprasi pancreas juga bisa dikarenakan gangguan dari enzim dalam pencernaan. Untuk itu, agar tidak ada efek samping yang buruk karena memang gangguan pada enzim ada baiknya anda mengupayakan pencegahan dari buruknya gangguan enzim dengan menerapkan hidup dengan pola yang sehat untuk keluarga anda.
Itulah beberapa informasi dari Nama Obat yang dapat diberikan seputar gangguan enzim pencernaan dan penanganannya. Semoga bermanfaat dan semoga dalam lindungan Allah SWT.